Pemkot Palangka Raya tekan inflasi melalui pasar beras murah

id Disperindag Kota Palangka Raya,Palangka Raya,Kalteng,Kelurahan Menteng',Beras Murah,Pemkot,Subsidi Beras,Pasar Muurah,Samsul Rizal,Rossalinda Rahmanas

Pemkot Palangka Raya tekan inflasi melalui pasar beras murah

Warga Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah yang berada di Kelurahan Menteng antusias membeli beras murah yang digelar oleh DPKUKMP Kota setempat, Kamis (26/1/2023). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian (DPKUKMP) setempat terus berupaya menekan inflasi, melalui program pasar beras murah untuk menjaga stabilitas harga komoditas di pasar tradisional.

Beras siam yang dijual murah ke masyarakat di Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya itu selain menekan terjadinya inflasi di daerah setempat, juga diharapkan mampu mencukupi kebutuhan mereka sehari-hari, kata Kepala DPKUKMP Kota Palangka Raya, Samsul Rizal, Kamis

"Beras siam 5 kilogram yang disediakan sebanyak 500 sak sebenarnya dijual dengan harga Rp80 ribu, namun beras tersebut dijual kepada masyarakat seharga Rp50 ribu karena disubsidi oleh pemerintah sebesar Rp30 ribu per 5 kilogramnya," katanya.

Dijelaskan Samsul Rizal, dipilihnya beras siam karena memang beras tersebut tengah diminati oleh masyarakat setempat. Beras juga diakuinya turut "menyumbang" inflasi dikarenakan daerah setempat masih bergantung dari provinsi tetangga yaitu Kalimantan Selatan.

"Para pedagang di pasar tradisional banyak mengakui, untuk harga beras mereka tidak berani menaikkan karena ada subsidi di pasar murah. Kami juga tidak rugikan pedagang, karena antara harga yang kami jual dengan yang mereka jual, masih ada keuntungan yang mereka ambil," ucapnya.

Baca juga: XL SATU hadirkan paket Rp276 ribu untuk kejar pertumbuhan pelanggan baru

Dia mengungkapkan, kegiatan serupa akan dilakukan secara berkelanjutan di sejumlah lokasi yang berbeda-beda di kota setempat. Kemudian dalam waktu dekat ini juga akan digelar di Kelurahan Pahandut, Palangka, Kameloh Baru dan Bereng Bengkel.

"Kami berharap dengan adanya program kegiatan ini, bermanfaat bagi masyarakat yang berada di daerah setempat, terkhusus mereka yang berpenghasilan menengah ke bawah yang terus berjuang memenuhi kebutuhan sehari-hari di tengah banyaknya komoditas yang mengalami kenaikan harga," beber Samsul Rizal.

Lurah Menteng Rossalinda Rahmanasari menambahkan, kegiatan tersebut tentunya sangat membantu warga yang bermukim di kawasan Kelurahan Menteng.

Antusias masyarakat juga diakuinya sangat luar biasa. Terbukti, tidak sampai satu jam, seluruh beras habis terjual kepada masyarakat yang bermukim di wilayah Kelurahan Menteng.

"Syukur Alhamdulillah antusias warga sangat luar biasa dan kami, juga  mengapresiasi program bapak wali kota dalam cegah inflasi di Kota Palangka Raya. Warga Kelurahan Menteng ini kan berasal dari bermacam-macam latar belakang, sehingga dengan adanya bantuan beras murah ini bisa sama-sama atasi inflasi," demikian Rossalinda Rahmanasari.

Baca juga: Kakanwil: Kenaikan biaya perjalanan haji bentuk rasionalisasi

Baca juga: Dukung acara Haul Akbar Guru Sekumpul ke-18, XL Axiata perkuat jaringan

Baca juga: Anggota DPRD Palangka Raya Jum'atni tutup usia