Pergatsi dorong Kalteng perbanyak turnamen untuk promosikan gateball

id Pemprov kalteng, gateball kalteng, pergatsi, shalahudin, olahraga, promosi olahraga, kalteng, kalimantan tengah, dpupr, kementerian pupr

Pergatsi dorong Kalteng perbanyak turnamen untuk promosikan gateball

Pengukuhan dan pelantikan pengurus Pergatsi Kalteng masa bakti 2021-2025 di Palangka Raya, Selasa, (21/2/2023). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) mendorong agar jajaran pengurus di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah memperbanyak turnamen cabang olahraga gateball sebagai sarana promosi kepada masyarakat.

"Strateginya kita harus memperbanyak event atau turnamen agar masyarakat luas semakin tahu tentang gateball," kata Ketua Harian Pengurus Besar Pergatsi Khalawi AH di Palangka Raya, Selasa.

Dia mengatakan, hal ini telah dilakukan di berbagai provinsi lainnya yang kini rutin melaksanakan berbagai agenda kejuaraan gateball, sehingga cabang olahraga ini semakin dikenal oleh masyarakat.

Gateball merupakan olahraga modifikasi dari permainan croquet menggunakan stik yang digunakan untuk memukul dan mengarahkan bola sehingga bisa masuk ke tiga gawang (gate) dan goal-pole sebagai titik akhir.

Adapun pada hari ini, Pengurus Provinsi Pergatsi Kalimantan Tengah masa bakti 2021-2025 telah dikukuhkan sekaligus dilantik di Palangka Raya oleh Pengurus Besar Pergatsi. Ketua Umum Pengurus Pergatsi Kalteng adalah Shalahudin.

Baca juga: Disnakertrans Kalteng beri pelatihan kerja dukung ketahanan pangan

Shalahudin mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah menyampaikan mandat untuk enam kabupaten dan kota agar membentuk kepengurusan, meliputi Palangka Raya, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Seruyan, Barito Selatan dan Barito Timur. 

"Sampai saat ini sudah terbentuk kepengurusan Pergatsi kabupaten/kota sebanyak dua daerah yaitu Palangka Raya dan Barito Timur," terangnya.

Usai pengukuhan dan pelantikan ini, salah satu langkah jangka pendek yang akan dilakukan Pergatsi Kalteng adalah memperbanyak agenda turnamen untuk mengoptimalkan promosi gateball kepada masyarakat.

Sementara itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang diwakilkan Asisten Administrasi Umum Setda Sri Suwanto mengharapkan agar pengurus Pergatsi provinsi setempat meningkatkan pembinaan atlet, sehingga memiliki kualitas yang semakin bagus, terarah, dan berkualitas.

"Hingga pada akhirnya olahraga gateball bisa berkembang dengan baik di Kalimantan Tengah dan mampu menorehkan prestasi," jelasnya.

Baca juga: DAD, KBB dan KKB gelar peringatan Isra Miraj bersama