Bank Kalteng optimalkan penyaluran kredit produktif pada UMKM

id Bank kalteng, Direktur Pemasaran dan Bisnis Bank Kalteng, ojk kalteng, otoritas jasa keuangan, kredit produktif, umkm, kredit berkah, kalteng, kaliman

Bank Kalteng optimalkan penyaluran kredit produktif pada UMKM

Kenal pamit Direktur Pemasaran dan Bisnis Bank Kalteng periode 2018-2022 kepada Direktur Pemasaran dan Bisnis Bank Kalteng periode periode 2022-2026. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Bank Kalteng terus berupaya meningkatkan partisipasi dalam memacu pertumbuhan ekonomi daerah yang salah satunya dengan mengoptimalkan penyaluran kredit produktif pada sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Direktur Pemasaran dan Bisnis Bank Kalteng Marzuki di Palangka Raya, Jumat, mengatakan, hal ini selaras dengan arahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran selaku pemegang saham pengendali yang menginginkan peningkatan pembiayaan produktif terutama pada sektor UMKM.

"Kami sudah siapkan di antaranya tiga terobosan untuk UMKM ini yang akan menjadi program berkelanjutan," kata Marzuki.

Pertama yakni melalui Kredit UMKM Berkah yang saat ini sudah dikenal oleh masyarakat yakni produk kredit produktif dengan suku bunga ringan.

Selanjutnya, menyediakan akses bagi pelaku UMKM di Kalteng untuk mengikuti pelatihan maupun peningkatan kapasitas lainnya, bersama para mitra Bank Kalteng seperti Hipmi, hingga Kadin, serta termasuk komunitas bisnis.

Baca juga: Bank Kalteng tetapkan pengurus periode 2022-2026

Kemudian adalah dengan memberikan akses pemasaran, yang nantinya Bank Kalteng juga akan membuat pusat pengembangan UMKM.

"Harapannya Bank Kalteng semakin dekat dengan masyarakat dan menjadi pilihan utama," tegasnya di sela kegiatan kenal pamit Direktur Pemasaran dan Bisnis Bank Kalteng periode 2018-2022 kepada Direktur Pemasaran dan Bisnis Bank Kalteng periode periode 2022-2026.

Adapun Direktur Pemasaran dan Bisnis Bank Kalteng periode 2018-2022 Djoni Widjanarko Kridarso menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan berbagai pihak terhadap dirinya selama menjalankan tugas.

"Semoga Bank Kalteng dapat terus tumbuh dan berkembang dengan menyasar berbagai segmen yang ada di Kalimantan Tengah," harapnya.

Baca juga: Pesta Rajaki Undian Taheta wujud terima kasih Bank Kalteng kepada masyarakat

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalteng Otto Fitriandy mengharapkan komposisi baru pada jajaran direksi dan komisaris Bank Kalteng mampu mempertahankan berbagai capaian yang telah diraih, bahkan harusnya jauh lebih baik dalam target kinerja keuangan ke depan.

"Bank Kalteng harus bisa menjadi tuan rumah di wilayah provinsi setempat, terutama kontribusi dalam pembangunan ekonomi daerah, seperti penyaluran kredit produktif sesuai harapan Gubernur Sugianto Sabran sebagai pemegang saham pengendali," terangnya.

Selain itu senantiasa berkontribusi dan berperan aktif meningkatkan kapasitas pelaku UMKM melalui pembinaan serta pengelolaan keuangan, sehingga Bank Kalteng tak hanya sebatas melakukan penyaluran kredit saja.

"Termasuk mengoptimalkan seluruh jaringan kantornya yang berada pada seluruh daerah di Kalteng, untuk meningkatkan edukasi dan literasi keuangan kepada masyarakat," tuturnya.

Baca juga: BI melihat Kalteng sedang menuju pertumbuhan ekonomi hijau