Legislator ajak masyarakat isi Ramadhan dengan memperbanyak berbagi

id Legislator ajak masyarakatisi Ramadhan dengan memperbanyak berbagi, kalteng, Palangka raya, dprd Palangka raya

Legislator ajak masyarakat isi Ramadhan dengan memperbanyak berbagi

Wakil Ketua I Komisi A DPRD Kota Palangka Raya Hj Mukarramah. ANTARA/Dokumen

Palangka Raya  (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah ajak masyarakat agar memanfaatkan bulan suci Ramadhan 1444 Hijriah ini untuk saling berbagi kebaikan dengan orang sekitar. 

"Ramadhan kan merupakan bulan penuh berkah, setiap amal ibadah kita akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah. Jadi, jangan lelah untuk saling berbagi kebaikan," ujar Wakil Ketua I Komisi A DPRD Kota Palangka Raya tersebut.

Dijelaskannya, berbagi kebaikan tidak hanya dengan selalu memberi atau bersedekah saja, tetapi bisa juga dengan cara lain, misal dengan membeli dagangan warga sekitar. Apalagi di bulan puasa ini tentu banyak pedagang-pedagang dadakan menjual menu berbuka puas. 

"Dengan membeli dagangan mereka, itu merupakan salah satu cara kita membantu perekonomian mereka dan memberikan kebahagiaan kepada mereka. Jadi, berbagi kebaikan itu tidak hanya dengan memberi saja," ucap Kader Partai Nasional Demokrat (Nasdem) tersebut di Palangka Raya

Dengan cara membeli jualan pedagang sekitar lingkungan tempat tinggal, itu juga merupakan salah upaya untuk mendukung kemajuan pelaku UMKM. Manfaatnya akan membuka lapangan kerja untuk ke depannya. 

Baca juga: Fakultas Teknik UMPR siapkan tiket emas untuk siswa berprestasi

"Dengan ikut mempromosikan dagangan mereka misal di media sosial itu tentu sangat membantu para pelaku UMKM kita, khususnya di sekitar lingkungan kita," terang Mukarramah. 

Selain itu, cara berbagi kebaikan dengan masyarakat bisa dilakukan dengan cara lain lagi, misal dengan cara membantu atau ikut berpartisipasi panitia mesjid dalam menyiapkan berbuka puasa. 

"Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan di bulan penuh maghfirah ini, seperti ikut berpartisipasi berbagai takjil, dan lainnya yang tentunya kegiatan-kegiatan positif yang bisa menyemarakkan bulan Ramadhan," katanya

Selain itu, politisi ini mengajak agar masyarakat bisa lebih memaknai bulan Ramadhan ini dengan memperbanyak amalan-amalan dan meminta ampunan kepada tuhan, serta selalu membukakan pintu maaf kepada sesama. 

"Kita tau bulan Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan atau bulan penghapus dosa, jadi manfaatkan dengan tidak saja melaksanakan yang wajib saja, tapi juga diiringi dengan ibadah-ibadah sunnah lainnya, seperti membaca Al-Quran, sedekah, dan lainnya," demikian Mukarramah. 

Baca juga: Timsel umumkan 127 nama peserta calon anggota KPU empat kabupaten

Baca juga: Legislator ajak masyarakat manfaatkan Ramadhan tingkatkan toleransi

Baca juga: Berikut pemetaan dapil dan alokasi kursi DPRD Palangka Raya pada Pemilu 2024