Bupati Bartim minta optimalkan peran penjaga malam

id Bupati Bartim minta optimalkan peran penjaga malam, kalteng, bartim, Barito timur, ampera

Bupati Bartim minta optimalkan peran penjaga malam

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas meminta peran para penjaga malam lebih dioptimalkan, caranya bisa dengan mengelompokkan sesuai areal kerja masing-masing.

“Pengelompokan agar mereka bisa berkomunikasi dan saling menjaga wilayah mereka kerja masing-masing,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Minggu.

Menurutnya, pengelompokan dimaksud untuk meminimalisir terjadinya tindakan kriminal seperti pencurian maupun tindakan pidana lainnya, khususnya terhadap instansi pemerintah yang memiliki aset penting maupun aset berharga.

Dicontohkan Ampera, seperti di Jalan Nansarunai maka pengelompokan penjaga malam mulai dari sekolah, UPTD Dinas Pendidikan Dusun Timur, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian hingga RSUD Tamiang Layang.

Pengelompokan itu diharapkan bisa menciptakan dan terjalinnya komunikasi positif, saling simpan nomor kontak dan saling membantu jika terjadi peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan keamanan di wilayah kerja.

Baca juga: Pemkab Bartim adukan sengketa tata batas ke DPRD Kalteng

“Jadi mereka (penjaga) bisa saling berkomunikasi atau bekerjasama mengamankan wilayah masing-masing,” kata Ampera.

Ditambahkan orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Barito Timur itu, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran maupun pencurian dengan bersenjata tajam maka bisa langsung berkoordinasi pihak terkait.

Jika terjadi kebakaran maka bisa menyampaikan informasi atau berkoordinasi dengan pihak Damkar, dan jika kasus pencurian bisa melaporkan kepada aparat kepolisian terdekat.

Pria yang meraih gelar doktor di bidang ekonomi itu juga berharap kepada Satpol PP maupun aparat kepolisian setempat bisa melakukan patroli malam ke sejumlah instansi milik Pemerintah Kabupaten Barito Timur.

“Satpol PP bisa melaksanakan patroli  ke sejumlah instansi pemerintah, terlebih lagi dinilai instansi yang memiliki kerawanan yang cukup karena tidak berdekatan dengan pemukiman warga,” demikian Ampera AY Mebas.

Baca juga: Legislator Bartim sebut fasilitas sekolah masih perlu perhatian pemkab

Baca juga: Bupati minta pelayanan PDAM di Bartim harus meningkat setiap tahun

Baca juga: PPK se-Bartim diingatkan bekerja profesional pada Pemilu 2024