Timsel minta tanggapan masyarakat terhadap 73 calon anggota KPU di empat kabupaten

id Timsel minta tanggapan masyarakat terhadap 73 calon anggota KPU di empat kabupaten. Kalteng, Palangka raya, kpu Palangka raya

Timsel minta tanggapan masyarakat terhadap 73 calon anggota KPU di empat kabupaten

Timsel KPU kabupaten di Kalimantan Tengah usai menyampaikan keterangan pers di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (8/4/2023). ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya  (ANTARA) - Tim Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum Kalimantan Tengah (KPU Kalteng) meminta tanggapan masyarakat terhadap 73 nama bakal calon anggota KPU di empat kabupaten yang dinyatakan lolos tes CAT dan tes psikologi.

"Mulai hari ini sampai 16 April nanti kami nantikan masukan dan tanggapan masyarakat terhadap 73 nama-nama yang lolos CAT dan psikologi," kata Ketua Tim Seleksi Pranata di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu.

Dia menerangkan, 73 nama peserta yang selanjutnya mengikuti tes kesehatan dan wawancara itu terdiri dari 20 peserta dari calon anggota KPU Kabupaten Barito Selatan (Barsel), 13 peserta calon anggota KPU Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), 20 calon anggota KPU Kabupaten Kapuas dan 20 calon anggota KPU Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Tanggapan dan masukan terhadap masyarakat terhadap nama-nama calon anggota KPU itu dapat dilakukan melalui surat elektronik (email) di hukumsdm.kalteng@gmail.com dengan format laporan seperti yang telah disediakan sekretariat Timsel.

Pada format masukan dan tanggapan masyarakat ini, masyarakat diminta mencantumkan nama, alamat, pekerjaan dan nomor telepon serta NIK yang disertakan fotokopi Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

"Ini sebagai bukti, masukan dan tanggapan yang disampaikan dilakukan orang yang bertanggung jawab. Meski demikian, kami menjamin kerahasiaan identitas yang memberi masukan dan tanggapan," kata Pranata.

Baca juga: Sambut Paskah, umat Kristiani padati pemakaman di Palangka Raya

Nantinya masukan dan tanggapan masyarakat tersebut akan dijadikan bahan Tim Seleksi untuk melakukan pendalaman dan klarifikasi pada saat tahapan tes wawancara.

Sekretaris Timsel KPU Kalteng Hamdanah mengatakan, 73 peserta yang dinyatakan lolos CAT dan tes Psikologi akan mengikuti tahapan tes selanjutnya. Tes itu adalah tes kesehatan pada 10-15 April dan tes wawancara pada 16-24 April.

"Tes kesehatan dilakukan oleh tim RS TNI AD, sementara tes wawancara dilakukan Timsel. Maka kami nantikan masukan dan tanggapan dari masyarakat sebelum tes wawancara dimulai," katanya.

Dia pun memastikan bahwa setiap tahapan akan dilaksanakan secara baik, jujur, berintegritas, dapat dipertanggungjawabkan, serta dilaksanakan didasarkan peraturan yang ada.

Timsel juga berkomitmen melahirkan anggota KPU kabupaten yang baik dan berintegritas, sehingga proses pelaksanaan pemilu dan pilkada di daerah setempat berlangsung aman, damai, tertib, serta memenuhi hak setiap masyarakat.

Timsel calon anggota KPU empat kabupaten di Kalteng itu terdiri atas Pranata sebagai ketua, Hamdanah sebagai sekretaris, serta Nurrahman Ahmad Shalludin, Noor Salim, dan Stepanus sebagai anggota.

Baca juga: RS Bhayangkara beri layanan kesehatan gratis di Gereja Palangka Raya

Baca juga: Pemkot Palangka Raya ingatkan warga teliti saat membeli bingkisan Lebaran

Baca juga: Jadi DPO, BNNP siap bantu Kejati Kalteng kejar bandar sabu Saleh