Satlantas Polresta Palangka Raya survei jalur mudik Lebaran 2023

id Satlantas Polresta Palangka Raya,Palangka Raya ,Kalteng,Mudik ,Lebaran 2023,Kasat Lantas Kompol Feriza W Lubis,Satlantas Polresta Palangka Raya survei

Satlantas Polresta Palangka Raya survei jalur mudik Lebaran 2023

Kasat Lantas Polresta Palangka Raya Kompol Feriza Winanda Lubis (tiga dari kanan) mensurvei sejumlah titik jalan yang akan dilakukan pengamanan arus mudik Lebaran 2023 bersama dengan sejumlah stakeholder lainnya, Kamis (13/4/2023). ANTARA/HO-Humas Polresta Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah menyurvei fasilitas keselamatan dan kondisi jalur mudik menjelang Lebaran  2023 di wilayah hukumnya.  

Kasat Lantas Polresta Palangka Raya Kompol Feriza Winanda Lubis di Palangka Raya, Kamis,  mengatakan survei tersebut dilakukan bersama pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kalteng, Dinas Perhubungan Kota dan PT. Jasa Raharja Kota setempat di lokasi yang telah ditentukan.

"Pada hari ini kami bersama sejumlah instansi terkait melakukan kegiatan survei kesiapan sarana pada fasilitas keselamatan dan jalur mudik, dalam rangka menghadapi lonjakan animo pengendara saat momen Lebaran 2023 ini," katanya.

Dia menuturkan, survei dilakukan mulai pukul 10.00 hingga 16.30 WIB pada kawasan Jalan Tjilik Riwut Km 1 sampai KM 45 yang berada di wilayah Kecamatan Bukit Batu, Jalan Mahir Mahar menuju arah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Untuk hasil dari survei tersebut sesuai pelaksanaannya, yang akan bertanggung jawab oleh Satlantas Polresta Palangka Raya bersama BPTD Kalteng, Dishub Kota dan PT. Jasa Raharja ada sejumlah hal.

"Seperti pada Traffic Light Jalan Tjilik Riwut Km. 10 akan diterapkan flash warning light atau lampu yang berkedip kedip sebagai tanda peringatan, nantinya akan di pasang  pada saat dua hari sebelum Lebaran hingga dua hari setelah Lebaran. Kemudian penambahan rambu peringatan dan petunjuk lalu lintas di pertigaan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jalan Tjilik Riwut Km 12 arah Tangkiling," ucapnya.

Kemudian itu, kata Feriza pengawasan dan pengendalian area parkir TPM Jalan Tjilik Riwut Km 2 dan Km 12 pada saat aktivitas ziarah sebelum dan pada saat Lebaran. Pemasangan spanduk rest area dan imbauan pencegahan laka lantas di Jalan Tjilik Riwut Km 21 dan Km 23.

Selain itu, pada kawasan Jalan Tjilik Riwut Km 31 juga akan diterapkan rekayasa lalu lintas dengan menetapkan jalur masuk dan keluar tempat wisata yang ada di sana, termasuk pula pemasangan water barrier dan pembatas kecepatan bagi pengendara yang melintas.

Pada ruas Jalan Mahir Mahar menuju arah Kota Banjarmasin yang terdapat tikungan akan dipasangkan spanduk imbauan keselamatan lalu lintas, serta perbaikan pada pagar pembatas jalan dan perawatan warning light.

"Sedangkan pada kawasan Jalan Mahir Mahar depan RSUD Kota Palangka Raya akan ditambahkan rambu petunjuk jalan dan peringatan kecelakaan lalu lintas, yang akan dipertanggungjawabkan penerapannya oleh kita bersama," jelas Feriza.