Pemkab Sukamara-UMPR Kerja Sama Berikan Beasiswa Kuliah

id umpr,kalteng,sukamara

Pemkab Sukamara-UMPR Kerja Sama Berikan Beasiswa Kuliah

Sekda Sukamara, Rendi Lesmana melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Palangkaraya bersama Kepala Bappeda Sukamara. (ANTARA/HO-UMPR)

Palangka Raya (ANTARA) - Sekda Sukamara, Rendi Lesmana melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Palangkaraya bersama Kepala Bappeda Sukamara pada Rabu (12/4/23). Kunjungan ini membawa salah satu misi penting dari Pemerintah Sukamara yang kini tengah fokus menyusun pembangunan daerah dan meningkatkan SDM-nya melalui pendidikan.



“Sukamara perlu konsentrasi dalam meningkatkan SDM dan menyusun pembangunan daerah tahun 2024-2025,” pungkas Rendi saat memberikan pembukaan.



Kunjungan ini disambut hangat oleh Rektor UMPR beserta para Wakil Rektor dan dekan-dekan fakultas UMPR yang kemudian menjadikan momen ini sebagai wadah diskusi untuk saling melihat peluang kerjasama positif yang bisa dilakukan.



Sebelumnya, pada awal maret 2023 Rektor UMPR melakukan kunjungan ke 5 kabupaten Kalimantan Tengah salah satunya Sukamara. Kunjungan ini membuahkan hasil bahwa banyak putra-putri daerah berpotensi yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.



Kembali Rendi menerangkan realita yang saat ini Sukamara hadapi ialah terjadi ketimpangan antara industri yang masuk ke Sukamara dengan SDM yang tersedia.



“Melihat ketimpangan terjadi, karena ketika ada dunia industri yang masuk ke Sukamara, SDM-nya masih kurang. Oleh karena itu, memajukan akademik perlu dilakukan,” ujar Rendi.



Menjawab permasalahan ini, Randi mengatakan bahwa pihaknya akan merancangkan beasiswa bagi pelajar Sukamara yang ingin melanjutkan pendidikannya, yang saat ini sedang dalam proses penganggaran. 



Rektor UMPR,  Muhammad Yusuf  turut memberikan dukungannya dengan ketersediaan UMPR menyambut para calon mahasiswa ini dengan fasilitas tempat tinggal di rusunawa UMPR.



“kami menyediakan rusunawa yang merupakan hibah dari pemerintah pusat dengan daya tampung 158 mahasiswa bagi yang berkuliah di UMPR, terutama yang datang dari daerah di luar kota,” terang Rektor UMPR.



Harapannya fasilitas ini memberikan keringanan bagi calon mahasiswa dari berbagai kabupaten Kalteng yang ingin berkuliah di UMPR termasuk Sukamara agar tidak lagi kesulitan mencari tempat tinggal.



Kedepannya, UMPR dan Pemda Sukamara akan terus membangun kerjasama yang baik demi mengoptimalkan pengembangan potensi SDM melalui pendidikan agar putra-putri daerah siap bersaing masuk ke dunia industri.