Bupati Barito Utara tinjau lokasi kebakaran di Kelurahan Lahei I

id bantuan kebakaran lahei 1,kebakaran kelurahan lahei 1,bupati barut,barito utara,kalteng

Bupati Barito Utara tinjau lokasi kebakaran di Kelurahan Lahei I

Bupati Barito Utara Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda Muhlis dan kepala perangkat daerah terkait lainnya saat meninjau lokasi kebakaran di Jalan Singa Marta RT 01, Kelurahan Lahei I, Kecamatan Lahei, Minggu (23/4/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Bupati  Barito Utara, Kalimantan Tengah, Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra dan Sekda Muhlis meninjau lokasi kebakaran di Jalan Singa Marta RT 01 Kelurahan Lahei I, Kecamatan Lahei.

"Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara dan keluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, 1 Syawal  mohon maaf lahir dan batin," kata Nadalsyah di Kelurahan Lahei I, Minggu.

Bupati  juga didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Gazali, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara M Iman Topik, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan, Masyarakat dan Desa Suparmi, Kadis Perhubungan Buana Pati, Kadis Perumahan Rakyat,Kawasan Pemukiman dan Pertanahan  Fery Kusmiadi, Kadis Komunikasi,Informatika dan Persandian Mochamad Ikhsan, Kalak BPBD Barito Utara Simamoraturahman, Kadis Damkar Ajirni, Camat Lahei Anwar Sadat bersama unsur Tripika, serta Lurah Lahei I dan II. 

Menurut Nadalsyah, pada malam Hari Raya Idul Fitri, di tengah-tengah merayakan, kemenangan, pawai takbir di kota Muara Teweh dan pada saat yang bersamaan itu juga mendapatkan telepon dari masyarakat bahwa Lahei I mengalami musibah kebakaran.

"Gembira bercampur sedih yang ada pada kami, saya rasa apalagi bagi masyarakat yang terkena musibah dan pada malam itu juga saya instruksikan pada Damkar dan BPBD segera turun ke lapangan untuk membantu kebakaran di lokasi yang ada di Lahei I," kata Nadalsyah.

Alhamdulillah, kata dia, sekitar satu jam mendapatkan laporan dari petugas bahwa api sudah dapat dipadamkan. 

"Kurang lebih satu jam saya mendapat laporan dari petugas bahwa api sudah dapat dijinakkan (dipadamkan). Dan pada waktu itu, hanya dilaksanakan proses pendinginan untuk menginventarisir berapa yang terdampak dan berapa rumah yang terkena kebakaran tersebut," kata dia.

Baca juga: Ketua DPRD Barut minta pedagang tak menimbun sembako jelang Lebaran

Dikatakannya atas nama pribadi dan pemerintah serta keluarga mengucapkan turut prihatin kepada masyarakat yang terkena musibah kebakaran tersebut.

Lebih lanjut, Bupati Nadalsyah, seperti biasanya Pemkab Barito Utara langsung turun tangan ke lapangan untuk melihat tempat kejadian. 

"Akan tetapi, mohon maaf karena kita kemarin sama-sama merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, kami undurkan untuk menyapa masyarakat dan warga  yang terkena musibah pada hari ini. Dan Alhamdulillah pada hari ini kita bisa langsung bisa melihat tempat kejadian," ucapnya.

Musibah kebakaran pada Jumat (21/4) malam di Kecamatan Lahei  saat umat  muslim sedang merayakan malam Lebaran.
Kebakaran yang terjadi  di Jalan Singa Marta RT 01 Kelurahan Lahei I menghanguskan empat buah rumah dan dua gedung sarang walet milik warga dengan empat kepala keluarga, serta 17 jiwa kehilangan rumah serta sembilan rumah terdampak.

Baca juga: Bupati Barito Utara minta gas bersubsidi dijual sesuai HET

Baca juga: Pemkab Barut jamin persediaan sembako di Muara Teweh jelang Lebaran

Baca juga: Wabup Barito Utara sambut kunjungan Danrem 102 Panju Panjung