Marquez digantikan Lecuona balapan MotoGP Spanyol

id Marc marquez,motogp spanyol,repsol honda,motogp

Marquez  digantikan Lecuona  balapan MotoGP Spanyol

Pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez beraksi saat sesi latihan jelang balapan seri penutup MotoGP 2022 Grand Prix Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol (6/11/2022). ANTARA FOTO/REUTERS/Pablo Morano/aww.

Jakarta (ANTARA) - Tim balap Repsol Honda mengumumkan pebalap utamanya, Marc Marquez, akan melewatkan balapan MotoGP Spanyol pada akhir pekan mendatang, dan ia akan digantikan oleh pebalap Honda di World Superbike (WSBK) Iker Lecuona.

Repsol Honda melalui keterangan resmi, Rabu, mengatakan keputusan ini dibuat menyusul Marquez yang baru saja menjalani pemeriksaan medis di Ruber Internacional Hospital pada Selasa (25/4).

Pemeriksaan itu dilakukan setelah Marquez berhasil menjalani operasi empat minggu lalu karena fraktur intraartikular dari metacarpal pertama di tangan kanan.

Perkembangan klinis dan radiologis dianggap memuaskan, namun, tim medis yang dipimpin oleh Dr. Roger de Oña bersama dengan Marquez, telah memutuskan untuk melanjutkan pemulihan dan persiapan selama beberapa minggu mendatang. Mereka pun memfokuskan kemungkinan kembalinya Marquez di GP Prancis, 12-14 Mei.

“Kemarin kami melakukan CT scan lagi dan telah dipastikan bahwa, terlepas dari kenyataan bahwa cederanya menunjukkan pemulihan dengan baik, penyembuhan tulangnya belum selesai dan balapan di Jerez nanti dinilai berisiko. Bersama tim medis, kami memutuskan untuk tidak mengambil risiko apa pun, menunggu dua minggu lagi dan kembali ke Le Mans (Prancis),” ungkap Marquez.

“Saya sangat menyesal melewatkan Grand Prix Spanyol karena rasanya selalu istimewa — mulai dari suasananya, sensasi balapan di rumah sendiri, dan yang terpenting saya bisa melihat dan menyapa para penggemar. Saya akan melanjutkan rehabilitasi dan bekerja untuk kembali secepat mungkin. Terima kasih atas dukungan Anda!” imbuh kakak Alex Marquez itu.

Adapun Honda kini juga fokus mempersiapkan Lecuona, yang sebelumnya pernah berkompetisi di MotoGP, untuk kembali ke trek menggantikan juara dunia MotoGP enam kali itu di GP Spanyol.

Sementara itu, putaran keempat MotoGP akan bergulir pada 28 hingga 30 April waktu setempat di Sirkuit Jerez-Ángel Nieto, Spanyol.