Wali kota ajak generasi muda aktif melestarikan kebudayaan

id Wali kota ajak generasi muda aktif melestarikan kebudayaan, kalteng, Palangka raya, fairid naparin

Wali kota ajak generasi muda aktif melestarikan kebudayaan

Wali Kota Palangka Raya saat membuka secara resmi Festival Palangka 2023 di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Palangka Raya, Selasa (2/5/2023) ANTARA/M Husein Asyari

Palangka Raya (ANTARA) - Wali Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Fairid Naparin mengajak kaum milenial untuk bergerak dan aktif dalam melestarikan kebudayaan yang ada. 

"Generasi muda harus bangga dengan kebudayaan yang kita miliki," ucap Naparin saat menghadiri Pemilihan Putra Putri Pariwisata Palangka Raya, di Aula Rumah Jabatan Wali Kota, Selasa (2/5). 

Naparin mengatakan, dengan adanya rasa bangga terhadap kebudayaan yang dimiliki daerah, maka akan timbul rasa upaya untuk melestarikan dan menjaga kebudayaan tersebut agar tidak tergerus oleh jaman. 

"Harus ditanamkan rasa memiliki dan bangga terhadap kebudayaan yang ada di daerah ini," ucap Naparin. 

Selain itu, Wali Kota juga meminta agar generasi muda harus memiliki wawasan yang luas, tidak hanya mengetahui satu wawasan saja, misal harus tau soal pemerintah, soal ekonomi, dan lainnya. 

Baca juga: Penderita gangguan rahim manfaatkan JKN untuk pengobatan gratis

"Misal saat ada forum, kita harus berani mengemukakan pendapat, jangan hanya jadi pendengar atau diam saja, dengan diam ada dua kemungkinan, mungkin dia mengerti, atau mungkin dia tidak mengerti sama sekali," kata Wali Kota. 

Selain itu, orang nomor satu di lingkungan Pemkot Palangka Raya tersebut juga mengajak generasi muda untuk cinta terhadap tanah air, dan jangan sampai luntur rasa berbangsa dan bernegara. 

Pada pemilihan Putra Putri Pariwisata Kota Palangka Raya, diikuti oleh 34 peserta dari berbagai wilayah di Kota Palangka Raya, dan pada pemilihan tersebut nanti para peserta akan menampilkan keterampilan dan keahlian masing-masing. 

"Para peserta ini ke depan akan menjadi duta pariwisata Kota Palangka Raya, maka dengan itu, para peserta akan diberikan pembekalan-pembekalan oleh para pemateri," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Palangka Raya, Iin Hendrayati Idris. 

Baca juga: Pemkot Palangka Raya temukan pangkalan jual elpiji 3 kg tak sesuai HET

Baca juga: Imigrasi Palangka Raya: Paspor 10 tahun berlaku untuk WNI 17 tahun

Baca juga: Polisi tembak kaki residivis kasus pencurian di Palangka Raya