FKUB Kapuas berikan pembinaan kerukunan umat beragama kepada pelajar

id FKUBKapuas berikan pembinaan kerukunan umat beragama kepada pelajar, kalteng, kapuas, toleransi

FKUB Kapuas berikan pembinaan kerukunan umat beragama kepada pelajar

FKUB Kabupaten Kapuas bersama Kemenag dan Pemkab Kapuas melakukan foto bersama dengan pelajar di Kecamatan Kapuas barat, usai melaksanakan kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama, Rabu (3/5/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, bersama dengan Kantor Kemenag dan Kesbangpol setempat, berkomitmen untuk menanamkan sikap toleransi kepada para generasi muda di daerah setempat.

"Sebab kalian-kalian inilah nantinya generasi muda yang akan merawat kerukunan di masa depan, maka tumbuhkanlah sikap toleransi diantara sesama," kata Ketua FKUB Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan di Kuala Kapuas, Rabu.

Hal itu disampaikannya saat memberikan pembinaan kerukunan umat beragama kepada siswa dan siswi SMK GKE Mandomai dan SMA 1 Mandomai, Kecamatan Kapuas Barat.

Dia berpesan kepada pelajar di Kecamatan Kapuas Barat untuk selalu menjaga kerukunan. Hal ini bisa dimulai dengan generasi muda yang baik dalam pergaulan bersama teman sebaya, keluarga maupun lingkungan sekitarnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan terciptanya kedamaian dan harmonisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia secara umum, masyarakat perlu didorong untuk bersama berkomitmen menciptakan kerukunan antar umat beragama.

Baca juga: Legislator Kapuas ingatkan PBS taati aturan hak dan kewajiban pekerja

Senada dengan hal itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kapuas, Hamidhan mengharapkan, kepada para pelajar di daerah setempat, sebagai penerus bangsa di masa depan, untuk bisa menjadi agen yang ikut menyampaikan pesan kepada teman sebaya tentang pentingnya toleransi dalam beragama serta memberikan pemahaman moderasi beragama.

Generasi muda akan menjaga, merawat serta mempertahankan kerukunan umat beragama di Kabupaten Kapuas.

Sementara itu, selain diberikan pembinaan kerukunan, kegiatanjuga dibarengi dengan tanya jawab tentang kerukunan umat beragama sebagai penyemangat pelajar dalam mengikuti kegiatan.

Turut hadir juga Sekretaris Kesbangpol Kabupaten Kapuas, Asy’ari, Camat Kapuas Barat Eddy Sucipto bersama sejumlah Kades dan unsur Tripika setempat, serta Kapolsek Kapuas Barat.

Baca juga: Dinas Kominfo Kapuas ajak masyarakat bijak menggunakan media sosial

Baca juga: Halaman tergenang air, SMAN1 Pujon tetap laksanakan upacara Hardiknas

Baca juga: Cegah banjir, Pemkab diminta membangun drainase di Kapuas Tengah