Disnaker Palangka Raya siapkan lima program pelatihan kerja

id Dinas Tenaga Kerja Palangka Raya, Disnaker Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Balai Latihan Kerja Palangka Raya, BLK Palangka Raya, kalteng, Palan

Disnaker Palangka Raya siapkan lima program pelatihan kerja

Peserta mengikuti pelatihan kerja di BLK Kota Palangka Raya, beberapa waktu lalu. ANTARA-HO/BLK Palangka Raya.

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, melalui Balai Latihan Kerja (BLK) setempat, telah menyiapkan lima kategori program pelatihan kerja bagi masyarakat setempat.

Kepala Disnaker Kota Palangka Raya, Mesliani Tara di Palangka Raya, Jumat mengatakan kelima pelatihan itu yakni operator komputer muda yang terdiri dari 'junior beautician' (tata kecantikan level awal), 'bakery' (pembuatan roti), plate welder smaw 3G-up/pf (pengelasan) dan pemeliharaan kendaraan ringan sistem injeksi.

"Pendaftaran untuk masing-masing jenis pelatihan dapat dilakukan peserta sampai 12 Mei 2023. Proses pendaftaran bisa mengakses mengakses http://siapkerja.kemnaker.go.i," ucapnnya.

Adapun syarat yang harus dipenuhi calon peserta adalah usia minimal 18 tahun, sehat jasmani dan rohani, tidak sedang bekerja, fotocopy ijazah terakhir dua lembar, fotocopy kartu tanda penduduk elektronik dua lembar, pas foto 3 x 4 latar belakang merah dengan kemeja putih sebanyak enam lembar, dan formulir bukti pendaftaran di aplikasi siap kerja.

"Pada pelatihan tahap dua tahun 2023 ini, untuk beberapa kategori pelatihan akan diikuti 16 orang dan kategori lain diikuti 18 peserta. Namun bagi jenis pelatihan yang pendaftarnya melebihi kuota, maka akan dilakukan seleksi," kata Mesliani.

Dia mengatakan, pelatihan keterampilan kerja ini merupakan komitmen Pemkot Palangka Raya untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing.

Baca juga: Kominfo Palangka Raya: Warga waspadai hoaks jelang tahun politik 2024

Sampai pada 5 Mei 2023 pukul 16.47 WIB, BLK Palangka Raya telah menerima puluhan pendaftar pelatihan kerja. Pada kategori operator komputer muda sebanyak 52 orang telah mendaftar dan pada kategori 'junior beautician' 24 orang telah mendaftar.

Kemudian pada kategori 'bakery' 30 orang telah mendaftar, kategori plate welder SMAW 3G-UP/PF 18 orang telah mendaftar dan pada pemeliharaan kendaraan sistem injeksi 12 orang telah mendaftar sebagai calon peserta.

Disnaker Palangka Raya, melalui BLK setempat pun akan terus memperbaharui setiap informasi yang salah satunya melalui laman resmi facebook dan instagram BLK Palangka Raya.

Baca juga: Warga Palangka Raya diminta tak bakar lahan sembarangan saat cuaca panas

Baca juga: Pemkot Palangka Raya gencarkan pengawasan gas elpiji subsidi

Baca juga: Sebanyak 25 guru dan operator se-Palangka Raya ikuti desiminasi UKBI