Peserta JKN antusias sambut layanan MCS BPJS Kesehatan di kelurahan

id Peserta JKN antusias sambut layanan MCS BPJS Kesehatan di kelurahan, kalteng, Palangka raya, bpjs Kesehatan

Peserta JKN antusias sambut layanan MCS BPJS Kesehatan di kelurahan

Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) memanfaatkan layanan MCS di Kelurahan Kalampangan, Kota Palangka Raya, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya

Palangka Raya  (ANTARA) - Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) antusias menyambut dan memanfaatkan layanan "Mobile Customer Services" (MCS) yang dilaksanakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Palangka Raya di tingkat Kelurahan Kalampangan, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

"Saya yang sehari-hari bertani menanam kangkung di kebun, dengan keberadaan layanan ini (MSC) sangat terbantu. Jadi saya bisa langsung ke sini setelah pulang dari kebun karena jaraknya yang dekat," kata peserta JKN, Ponisih di Palangka Raya, Selasa.

Melalui pelayanan yang semakin dekat dengan masyarakat itu, wanita 54 tahun itu pun memanfaatkan layanan untuk mendapatkan informasi dan keperluan perubahan data yang disediakan di "Mobile Customer Services".

"Dengan adanya layanan ini, saya tidak harus pergi jauh-jauh ke kota untuk melakukan perubahan data. Ini sangat membantu sekali dan juga prosesnya cepat. Hanya beberapa menit saja sudah langsung selesai," kata warga Kelurahan Kalampangan ini.

Dia mengatakan, karena jarak dari Kelurahan Kalampangan menuju Kantor BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya cukup jauh. Apalagi bagi orang tua seperti dirinya dan tidak bisa berkendara sendiri.

Ponisih menambahkan, menggunakan jasa orang lain untuk bepergian termasuk datang ke Kantor BPJS Kesehatan juga memerlukan waktu dan biaya tambahan. Untuk itu, layanan administrasi di layanan MCS memotong biaya dan waktu layanan BPJS Kesehatan.

Baca juga: BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya sediakan layanan MCS semarakkan May Day

"Saya harap layanan yang seperti ini bisa rutin ada sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat di sini. Jadi kalau perlu sewaktu-waktu tidak harus ke Kantor BPJS Kesehatan, cukup lewat sini aja. Saya sendiri juga tidak bisa pakai handphone, jadi layanan yang langsung seperti ini sangat dibutuhkan," kata Ponisih.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya K Hindro Kusumo menjelaskan, layanan MCS disediakan untuk masyarakat di wilayah Kota Palangka Raya dengan sistem jemput bola untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat.

Selain kanal layanan MCS, BPJS Kesehatan juga menyediakan kanal layanan lainnya seperti layanan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa) , Aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, Chat Assistant JKN (Chika) maupun Voice Interactive JKN (Vika) . Sehingga masyarakat bebas memilih kanal layanan mana yang ingin digunakan.

“Layanan 'Mobile Customer Services' ini kami sediakan sebagai alternatif yang bisa dipilih oleh masyarakat untuk mendapatkan layanan administrasi Program JKN selain melalui kanal-kanal layanan yang lain," katanya.

Pihaknya berharap, keberadaan MCS bisa dimanfaatkan masyarakat yang selama ini mengalami kendala saat mengakses kanal layanan lainnya karena keterbatasan yang ada seperti jaringan dan yang lainnya.

Baca juga: BPJS Kesehatan-Kejari kolaborasi peningkatan kepatuhan peserta JKN

Baca juga: Penderita gangguan rahim manfaatkan JKN untuk pengobatan gratis