Tiga Komisioner kembali terpilih jadi anggota KPU Kalteng

id kpu kalteng,tiga komisioner,pemilu 2024,terpilih kembali

Tiga Komisioner kembali terpilih jadi anggota KPU Kalteng

Ilustrasi - KPU Kalteng. (ANTARA/HO-KPU Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Tiga Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah, kembali terpilih sebagai anggota badan penyelenggara pemilihan umum periode 2023-2028.


"Nama-nama itu sesuai dengan yang telah ada di website resmi KPU RI," kata Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Kalteng, Darmae Nasir di Palangka Raya, Minggu.

Ketiga nama komisioner KPU Kalteng yang kembali terpilih itu adalah Harmain Ibrohim yang saat ini sebagai ketua KPU, dan Wawan Wiraatmaja Komisioner Bidang Perencanaan, Data dan Informasi serta Sastriadi selaku Komisioner Bidang Teknis.

Sementara dua komisioner KPU Kalteng yang merupakan orang baru adalah Tity Yukrisna yang pernah menjadi komisioner Bawaslu Kalteng dan Dwi Swasono yang merupakan anggota KPU Kota Palangka Raya.

Penetapan lima komisioner KPU Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" itu didasarkan pada Pengumuman KPU RI Nomor 51/SDM.12-Pu/04/2023 tentang calon anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi terpilih pada 20 provinsi periode 2023-2028.

Terpilihnya lima calon komisioner KPU Kalteng tersebut setelah mereka mengikuti rangkaian tes yang dilaksanakan tim seleksi calon anggota KPU Kalteng.

Dari seluruh rangkaian tes, mulai dari administrasi, tes CAT, kesehatan, psikologi hingga wawancara di tingkat provinsi, akhirnya tim seleksi menjaring 10 nama calon anggota KPU Kalteng dan direkomendasikan ke KPU RI.

Selanjutnya, KPU RI juga melakukan uji kelayakan dan kepatutan, hingga akhirnya menetapkan lima orang dari 10 nama yang direkomendasikan tim seleksi sebagai calon anggota KPU Kalteng.

Ketua KPU Kalteng yang kembali terpilih sebagai komisioner, Harmain Ibrohim mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan dan doa.

"Terima kasih kawan kawan media. Terima kasih atas dukungannya selama ini," kata Harmain melalui pesan singkat.

Komisioner lain yang juga kembali terpilih, Wawan Wiraatmaja dan Sastriadi juga mengucapkan hal senada dengan Harmain Ibrohim. Wawan menambahkan, bahwa pihaknya pun akan segera mengikuti pelantikan di Jakarta.
 
"Terima kasih untuk dukungan dan kerja sama kawan-kawan sehingga kami dapat terpilih kembali. Insyaalloh, pelantikan tanggal 24 Mei 2023 di Jakarta," kata Wawan.