Penjabat Bupati lepas keberangkatan 137 jamaah calon haji asal Barsel

id Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Deddy Winarwan, Barito Selatan, barsel, kalteng

Penjabat Bupati lepas keberangkatan 137 jamaah calon haji asal Barsel

Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan saat melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji asal kabupaten setempat di Buntok, Kamis (1/6). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Deddy Winarwan melepas keberangkatan 137 Jamaah Calon Haji asal kabupaten setempat di halaman Masjid Agung Baiturrahman Buntok, Kamis sore.

"Pada hari ini kita memberangkatkan jamaah calon haji dari Buntok menuju ke embarkasi Banjarmasin," kata Deddy Winarwan usai acara tersebut.

Ia menerangkan, dari 137 orang JCH tersebut 132 orang diantaranya masuk dalam kelompok terbang (Kloter) empat yang tergabung dengan JCH Kotawaringin Timur dan sisanya masuk dalam kloter tujuh. Jamaah calon haji ini didampingi pembimbing ibadah daerah dan tim kesehatan.

"Kita berdoa semoga jamaah calon haji diberikan kesehatan, kekuatan dan keberkahan serta bisa melaksanakan ibadah haji dengan lancar dan aman serta kembali lagi aman, selamat dan barokah dan menjadi haji yang mabrur," ucapnya.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Barito Selatan, Arbaja menambahkan, untuk jamaah calon haji tersebut terdiri dari 59 orang laki-laki dan 78 orang perempuan, sehingga totalnya 137 orang.

"Sebanyak 137 orang itu berasal dari enam kecamatan di daerah ini," tambahnya.

Ia menjelaskan, untuk jamaah calon haji asal Kecamatan Dusun Selatan sebanyak 59 orang, dari Kecamatan Gunung Bintang Awai 11 orang, dari Kecamatan Karau Kuala 25 orang.

Kemudian dari Dusun Utara sebanyak 10 orang, dari Kecamatan Dusun Hilir sebanyak 16 orang dan dari Kecamatan Jenamas sebanyak 16 orang jamaah calon haji.

"Untuk jamaah calon haji termuda dengan usia 21 tahun 2 bulan atas nama Mariatul Kibtiah binti Alpian dan JCH tertua berusia 95 tahun Torilah binti Tomirejo," jelasnya.

Baca juga: Penjabat Bupati Barsel minta ASN tingkatkan kualitas pelayanan publik

Ia menyampaikan, JCH yang diberangkatkan ini akan masuk asrama haji Al Mabrur Banjarmasin pada 2 Juni 2023 pukul 07.00 WITA dan diberangkatkan dari embarkasi Banjarmasin menuju ke Madinah pada 3 Juni 2023 pada pukul 02.40 WITA.

"JCH ini nantinya kembali ke tanah air dan tiba di embarkasi Banjarmasin pada tanggal 14 Juli 2023 sekitar pukul 10.10 WITA," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Arbaja juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten Barito Selatan yang telah banyak memfasilitasi jamaah calon haji yang diantaranya baju batik dan juga menyediakan bus yang bagus untuk keberangkatan.

Baca juga: ASN Pemkab Barsel diingatkan enam urusan wajib pemerintahan

Baca juga: Penjabat Bupati Barito Selatan bersama Forkopimda kunjungi tokoh agama

Baca juga: Pj Bupati Barsel pantau ketersediaan dan harga bahan pokok