Bupati: JCH Sukamara bergabung dengan Palangka Raya ke Tanah Suci

id Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio, Sukamara, kalteng, jemaah asal kabupaten sukamara, jch sukamara

Bupati: JCH Sukamara bergabung dengan Palangka Raya ke Tanah Suci

Bupati Sukamara Windu Subagio saat melepas keberangkatan 15 orang JCH kasal kabupaten setempat di halaman masjid agung Sukamara, Sabtu (3/6/2023). ANTARA/Donefrid Lalang.

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah, Windu Subagio menyatakan bahwa sebanyak 25 orang jamaah calon haji (JCH) yang berasal dari empat kecamatan yakni Sukamara, Balai Riam, Pantai Lunci dan Permata Kecubung, akan berangkat ke Tanah Suci bersama rombongan dari Palangka Raya.

Sebanyak 25 JCH dari kabupaten ini diberangkatkan dalam dua tahap sekaligus bergabung dengan JCH Palangka Raya, kata Windu di Sukamara, Kemarin.

"Tahap pertama sudah diberangkatkan pada tanggal 3 Juni 2023 sebanyak 15 JCH, dan sisanya 10 orang lagi berangkat 20 Juni 2023," tambahnya.

Dikatakan, JCH yang berangkat dari Sukamara akan Bergabung dengan kloter dari Palangka Raya, Lamandau dan Katingan selanjutnya akan berangkat menuju asrama haji di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan.

"Saya berharap JCH yang ikut menunaikan rukun islam kelima ke tanah suci dapat melaksanakan ibadah dengan tertib dan khusyu’, serta mentaati aturan, petunjuk dan arahan dari petugas haji," kata Windu.

Selain itu, saat perjalanan ke tanah suci maupun kembalinya nanti ke tanah air hendaklah selalu menjaga kesehatan dan pola hidup secara disiplin, menjaga kekompakan dan kebersamaan serta terus menjaga kemurnian niat, yakni semata – mata karena Allah SWT, sehingga seluruh rangkaian ibadah haji dapat ditunaikan dengan baik.

"Kiranya agar berkenan memanjatkan do’a untuk Kabupaten Sukamara, semoga mendapatkan ridho dan rahmat dari Allah SWT. Dengan iringan do’a, semoga selalu dalam lindungan dan bimbingan dari Allah SWT serta mendapat predikat haji mabrur," harap Bupati Sukamara ini.

Sementara itu, Ketua PPIH Kabupaten Sukamara Rendi Lesmana menjelaskan, untuk pembiayaan keberangkatan dan kepulangan JCH asal Sukamara semua akan difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Sukamara.

Baca juga: Bupati ajak masyarakat Sukamara aplikasikan Pancasila di kehidupan sehari-hari

"Pemerintah akan memfasilitasi untuk keberangkatan dan kepulangan JCH asal Sukamara ini. Kemudian, sebelum berangkat para JCH ini juga sudah melaksanakan bimbingan kelompok manasik haji sebanyak 3 kali oleh Kemenag Sukamara," beber dia.

Bahkan, setiap JCH juga telah melakukan pemeriksaan kesehatan untuk tahap I dan tahap II serta pemberian vaksinasi meningitis yang dilakukan di Puskesmas Sukamara. Selain itu, petugas PPIH termasuk petugas Kesehatan akan mendampingi hingga sampai ke Asrama Haji di Banjarmasin.

"Kita berupaya memberikan pembinaan dan pelayanan sebaik-baiknya bagi JCH, sehingga proses persiapan dan keberangkatan dapat berjalan lancar dengan harapan dapat menunaikan ibadahnya sesuai ketentuan ajaran agama Islam," demikian Rendi.

Baca juga: Jambore PKK Sukamara sarana mempererat persatuan

Baca juga: Pemkab Sukamara laksanakan pendidikan politik bagi pemilih pemula, sukseskan Pemilu 2024

Baca juga: Sejumlah pejabat lingkup Pemkab Sukamara bergeser