Kader PKK Bartim dilatih usaha budidaya jamur bantu kesejahteraan keluarga

id KaderPKK Bartimdilatih usaha budidaya jamur bantu kesejahteraan keluarga, kalteng, bartim, Barito timur, pkk

Kader PKK Bartim dilatih usaha budidaya jamur bantu kesejahteraan keluarga

Kader PKK Kecamatan Benua Lima mengikuti cara budidaya jamur di Aula Desa Bagok Kecamatan Benua Lima, Rabu (7/6/2023). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah menggelar pelatihan budidaya jamur untuk para kader dan masyarakat di Desa Bagok, Kecamatan Benua Lima, Rabu (7/6) lalu.

“Pelatihan ini diselenggarakan untuk dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para kader, ibu-ibu, dan remaja putri di desa-desa, sehingga mereka dapat meningkatkan ketahanan ekonomi keluarga secara sederhana,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Barito Timur Munita Mustika Dewi, Jumat.

Menurutnya, salah satu tujuan pelatihan ini juga untuk meningkatkan ketersediaan ragam bahan pangan, khususnya sayuran yang bisa dikonsumsi keluarga. Dengan mengembangkan usaha budidaya jamur, diharapkan keluarga dapat memperoleh sumber penghasilan tambahan dan memiliki akses terhadap pangan yang bergizi.

Ditambahkan Munita, program meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui peningkatan usaha kecil masyarakat (UKM) merupakan salah satu program prioritas TP PKK Kabupaten Barito Timur 2023 yang dilaksanakan Pokja III.

Baca juga: Permudah layanan kependudukan, Pemkab Bartim kenalkan IKD ke sejumlah ASN

Dalam program itu, rencananya pelatihan budidaya dilaksanakan untuk tiap kecamatan. Penyebarluasan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh melalui pelatihan budidaya sangat penting agar tiap kader, ibu-ibu dan remaja putri memiliki keterampilan, khususnya budidaya jamur.

“Para peserta pelatihan juga saya harapkan bisa mengajarkan kembali kepada ibu-ibu di desa mereka, sehingga manfaat dari kegiatan ini dapat tersebar luas dan berkelanjutan,” kata Munita.

Pelatihan budidaya jamur ini, kata Munita, diharapkan terlaksana secara berkelanjutan dan dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kesejahteraan keluarga di Kabupaten Barito Timur.

“Dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, semoga masyarakat dapat mengembangkan usaha kecil yang berkelanjutan dan meningkatkan kualitas hidup mereka,” demikian Munita Mustika Dewi.

Baca juga: Polres Bartim terima penghargaan pelayanan publik dari Kemenpan-RB

Baca juga: Pemkab Bartim komit terus bantu dan kembangkan UMKM

Baca juga: Wabup Bartim bersyukur pilkades berlangsung kondusif