IAHN Tampung Penyang juara pertama nasional lomba Yoga Asanas di Bali

id Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, IAHN TP Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Palangka Raya, kalteng, IAHN TP Palangka Raya ju

IAHN Tampung Penyang juara pertama nasional lomba Yoga Asanas di Bali

Tim UKM Yoga dari IAHN-TP berhasil juara satu pada lomba Yoga Asanas (Sambhanda Kriya) tingkat nasional di Provinsi Bali, ANTARA/HO-Humas IAHN-TP Palangka Raya.

Palangka Raya (ANTARA) - Tim Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Yoga Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang (IAHN-TP) Palangka Raya, Kalimantan Tengah, meraih raih juara pertama lomba Yoga Asanas (Sambhanda Kriya) tingkat nasional yang dilaksanakan di Provinsi Bali pada 9-12 Juni 2023.

"Tim UKM Yoga dari IAHN-TP raih juara satu kategori perguruan tinggi dan umum pada lomba Yoga Ahanas tingkat nasional kategori perguruan tinggi Hindu dan umum yang dilaksanakan di UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar Bali," kata Pembina UKM Yoga IAHN-TP Palangka Raya, Komang Suarta di Palangka Raya, Senin. 

Komang Suarta menerangkan, pada lomba tersebu IAHN-TP mengikutkan tiga atlet peraga Yoga Asanas, yakni Astuti dari program studi (prodi) Pendidikan Seni dan Keagamaan, Minarti dan Mahrati dari Prodi Pendidikan Agama Hindu. 

"Selain tiga atlet tersebut, ada juga satu penyampai deskripsi yakni Helena Jovaka Puja Ananda dari Prodi Pramuwisata Budaya dan Keagamaan, serta juga di dampingi oleh pelatih serta saya sendiri sebagai pembina UKM ini," terangnya. 

Komang juga mengucapkan terimakasih kepada unsur pimpinan dan keluarga besar IAHN-TP Palangka Raya yang terus memberi dukungan baik moril maupun anggaran yang bersumber dari DIPA IAHN-TP tahun 2023 sehingga UKM Yoga bisa mengikuti lomba tingkat Nasional ini. 

"Kami berharap kegiatan serupa nantinya bisa dilaksanakan di IAHN-TP Palangka Raya, dan juga berpesan agar Tim Yoga IAHN terus berlatih agar terus berprestasi kedepannya," harapnya. 

Rektor IAHN-TP Palangka Raya Dr. Mujiyono mengucapkan selamat dan rasa bangga kepada UKM Yoga Asanas yang telah berhasil menorehkan prestasi ditingkat Nasional sehingga mengharumkan nama Kampus IAHN-TP Palangka Raya. 

"Selamat dan sukses untuk pembina, pelatih dan mahasiswa yang telah berlatih dengan semangat dan penuh dengan tanggung jawab", ucap Rektor.

Baca juga: ANTARA dukung penuh pengembangan kemampuan jurnalistik mahasiswa di Kalteng

Rektor juga mengharapkan agar pelaksanaan Yoga di lingkungan kampus lebih ditingkatkan lagi sebagai wujud realisasi visi kampus yang religius, sehingga kesehatan pegawai, dosen  dan mahasiswa dapat terwujud, karena dengan melaksanakan yoga memiliki manfaat salah satunya yaitu meningkatkan kesehatan mental.

"Dengan mental yang sehat akan mampu fokus dalam bekerja dan meniti karier, karena dengan memfokuskan fikiran segala sesuatu yang dikerjakan akan berhasil dengan baik", kata Mujiyono. 

Selain itu, Mujiyono juga berpesan agar para mahasiswa terus mengembangkan diri di segala bidang, misal olahraga, seni, kewirausahaan, dan lainnya. 

"Tingkatkan terus prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik," demikian Rektor IAHN-TP melalui pesan singkatnya. 

Baca juga: Sediakan fasilitas, Rektor IAHN-TP tantang mahasiswa menjadi konten kreator

Baca juga: Pemprov minta PHDI Kalteng bantu wujudkan moderasi beragama

Baca juga: IAHN-TP tingkatkan kemampuan jurnalistik mahasiswa tiga fakultas