Barito Utara gelar pelatihan budi daya ayam petelur

id pelatihan ayam petelur,ayam petelur,barito utara,kalteng

Barito Utara gelar pelatihan budi daya ayam petelur

Kadis Nakertranskop UKM Barito Utara M Mastur dan peserta pelatihan foto bersama usai pembukaan budi daya ayam petelur, di Muara Teweh, Kamis (15/6/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disnakertranskop UKM) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menggelar pelatihan budi daya ayam petelur diikuti 10 peserta yang dilaksanakan pada 15-16 Juni 2023.

"Kegiatan ini merupakan perwujudan dari salah satu program dinas ini  bertujuan memperkuat produktivitas dan daya saing koperasi, usaha mikro dan kecil," kata Kepala Dinas Nakertranskop UKM Barito Utara M Mastur di Muara Teweh, Kamis. 

Menurut dia, pelatihan ini juga selaras dengan visi dan misi kepala daerah periode 2018-2023 yaitu terwujudnya masyarakat Barito Utara yang religius, mandiri dan sejahtera melalui percepatan peningkatan pembangunan di bidang sumber daya manusia, infrastruktur dan ekonomi kerakyatan.

Selain itu, kata dia, penyelenggaraan pelatihan ini juga merupakan momen penting dalam membangun sinergi antara pemangku kepentingan baik itu pusat, provinsi dan daerah melalui program dan kegiatan pemerintah dalam upaya memberdayakan koperasi, usaha mikro dan kecil di daerah ini.

“Pelatihan budi daya ayam petelur ini bertujuan agar meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagaimana cara beternak ayam atau petelur," katanya.

Dia mengatakan kegiatan ini juga untuk memotivasi dalam meningkatkan pembangunan dan pengembangan Koperasi dan UMKM, serta menjadi representasi yang baik dan stimulan bagi daerah lain untuk berpacu mengaktualkan komitmennya demi kemajuan dan kemandirian Koperasi dan UKM.

Pelatihan ini, kata dia, guna menambah wawasan bagaimana cara pengelolaan, pengolahan, dan pemasaran hasil ternak serta dapat membuka peluang usaha alternatif sebagai penambah pendapatan, karena budidaya ayam petelur memiliki prospek pasar yang sangat baik dan merupakan pendorong utama penyediaan protein hewani.

Selain itu tentunya dengan meningkatnya budi daya ayam petelur maka berdampak positif terhadap perkembangan industri di bidang perunggasan yang meliputi industri pakan, industri obat dan vaksin hewan, industri pembibitan dan industri peternakan sehingga peluang usaha bagi masyarakat akan terbuka lebih luas lagi.

"Saya berharap kiranya para pengajar berkenan menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dimengerti dan dipahami oleh peserta, sehingga ilmu dan pengetahuan yang diterima dapat diaplikasikan dengan baik,” jelas Mastur.

Dia juga meminta dan berharap kepada peserta pelatihan agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, aktif bertanya dan berdiskusi dengan pengajar yang ada. 

"Saya berharap sekali agar para peserta dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan sungguh-sungguh,” ucapnya. 

Mastur juga mengharapkan, setelah mengikuti pelatihan ini seluruh peserta memiliki kompetensi pengetahuan dan keterampilan serta dapat menerapkan, sehingga mampu mengembangkan usaha, menciptakan lapangan pekerjaan atau berwirausaha serta meningkatnya ekonomi, pendapatan keluarga.

“Kita juga berharap melalui kegiatan ini dapat menanggulangi dampak inflasi daerah dan mengantisipasi kemiskinan ekstrem di Kabupaten Barito Utara,” kata dia.