Ini lima kandungan nutrisi dalam daging kambing yang baik untuk tubuh

id Daging kambing,kandungan nutrisi,nutrisi kambing

Ini lima kandungan nutrisi dalam daging kambing yang baik untuk tubuh

Ilustrasi - Warga Majlis Tafsir Al Quran (MTA) memotong daging kambing kurban saat perayaan Idul Adha 1444 H di MTA cabang Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (28/6/2023). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/aww (.)

Jakarta (ANTARA) - Pada Hari Raya Idul Adha ini, salah satu menu andalan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat adalah olahan daging kambing. Meskipun daging kambing merupakan salah satu hidangan khas Idul Adha, banyak masyarakat yang masih menganggap daging ini bisa mengakibatkan kolesterol, dan penyebab hipertensi. Padahal, jika dikonsumsi dalam batas wajar, daging kambing mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Berikut kandungan nutrisi yang ada dalam daging kambing, seperti laporan yang disiarkan Healthline, Kamis.

Sumber protein yang baik

Daging kambing merupakan sumber protein yang bagus, yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan dan otot. Setiap 85 gram daging kambing, setidaknya terdapat 23 gram protein.

Rendah lemak dan lemak jenuh

Daging kambing memiliki kandungan lemak dan lemak jenuh yang rendah. Daging kambing juga merupakan sumber protein yang bagus dengan jumlah kalori yang lebih sedikit, yaitu 122 kalori.

Oleh karena itu, daging kambing akan bermanfaat terlebih bagi orang yang ingin menurunkan berat badan.

Daging kambing memiliki sekitar 1 gram lemak jenuh per 3 ons (85 gram), yang lebih rendah dari beberapa daging lainnya. Daging sapi tanpa lemak juga rendah lemak jenuhnya, dengan sekitar 2 gram dalam ukuran porsi yang sama, sedangkan beberapa potongan daging merah mengandung lebih banyak.

Baca juga: Ide aneka olahan daging kambing untuk Idul Adha

Tinggi zat besi

Daging kambing mengandung sekitar 3,2 miligram zat besi per 3 ons (85 gram). Zat besi pada daging kambing berjumlah hampir dua kali lipat jumlah zat besi yang ditemukan pada daging sapi tanpa lemak (1,8 miligram) dan jauh lebih banyak dibandingkan dada ayam (0,42 mg).

Zat besi adalah mineral penting bagi tubuh. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak dapat membuat hemoglobin, protein yang terdapat dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu, zat besi juga sangat penting untuk banyak proses, seperti pengaturan suhu tubuh, dukungan kekebalan, dan produksi energi.

Vitamin B12

Daging kambing merupakan sumber vitamin B12 yang baik. Vitamin B12 (juga dikenal sebagai cobalamin) merupakan nutrisi penting yang memainkan banyak peran dalam tubuh, termasuk produksi energi dalam sel, sintesis DNA, fungsi sel saraf dan pembentukan sel darah merah.

Kalium

Daging kambing juga mengandung kalium yang baik untuk tubuh. Kalium adalah nutrisi dan elektrolit yang membantu mengatur tekanan darah dan menjaga fungsi sel, terutama sel saraf dan otot.