Pemprov Kalteng salurkan ratusan kambing bantu pengembangan peternakan

id pemprov kalteng, dinas tphp kalteng, sunarti, bantuan ternak kambing peranakan etawa, pulang pisau, gubernur kalteng, su

Pemprov Kalteng salurkan ratusan kambing bantu pengembangan peternakan

Kepala Dinas TPHP Kalimantan Tengah, Sunarti. (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyediakan dan menyalurkan ratusan ekor kambing Peranakan Etawa (PE) kepada belasan kelompok tani di Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) untuk membantu mengoptimalkan pengembangan sektor peternakan di daerah setempat.
 
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalimantan Tengah Sunarti dihubungi dari Palangka Raya, Kamis, menjelaskan pada TA 2023 ini Pulang Pisau mendapat pendistribusian ternak kambing dengan jenis kambing PE dari Pemprov Kalimantan Tengah sejumlah 900 ekor kepada 18 kelompok tani ternak.
 
"Masing-masing kelompok mendapat 50 ekor. Bantuan ini dalam rangka mendukung Program Gubernur Sugianto Sabran, yaitu Kalteng Makin BERKAH," katanya.
 
Sunarti menjelaskan, pemprov sangat mendukung pengembangan peternakan secara luas yang bertujuan untuk meningkatkan populasi ternak, menyediakan sumber bahan pangan nabati, hingga meningkatkan jumlah rumah tangga peternak.
 
"Selain itu juga untuk memanfaatkan maupun mengembangkan sumber daya genetik ternak lokal atau persilangan," tambahnya.
 
Lebih lanjut dia menyampaikan, bantuan ternak yang diterima oleh para kelompok tani ternak di Pulang Pisau tersebut diharapkan dapat dikembangkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan peternak.
 
"Dengan harapan, ke depannya Kabupaten Pulang Pisau menjadi lumbung ternak kambing," tutur Sunarti.
 
Dia pun menegaskan yakni para Ketua Kelompok Tani harus benar-benar bertanggung jawab pada ternak kambing PE yang diterima dan dapat bekerja sama dengan semua anggota kelompok untuk memelihara ternak kambing yang diterima tersebut.
 
Sunarti meminta agar bantuan kambing PE dapat dipelihara secara koloni dan selalu berkonsultasi dengan petugas peternakan yang ada di lapangan jika terjadi sesuatu penyakit atau hal lainnya.

Baca juga: Wagub Kalteng sebut 1,34 juta hektare konservasi telah miliki fungsi pokok
 
Selanjutnya, Sunarti berharap Kelompok tani yang beruntung pada tahun ini akan bisa menjadi "virus positif" untuk kelompok tani ternak lain yang akan mengembangkan peternakan kambing dalam aktivitas kesehariannya, sebagai upaya pemanfaatan sumber daya alam yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.
 
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas TPHP Kalteng Muhajirin Akbar menambahkan ternak kambing yang disebarkan tersebut merupakan jenis kambing yang bisa beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi di Kalimantan Tengah, khususnya di Pulang Pisau.
 
Pengawas Bibit Ternak Ahli Madya Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas TPHP Kalteng Togar S. Parulian juga menjelaskan, ternak kambing PE yang diterima oleh kelompok tani ternak tersebut dalam kondisi sehat, tidak cacat dan sesuai spesifikasi yang ada di kontrak atau surat perjanjian kerja dengan pihak ketiga serta layak untuk disebar dan diterima.

Baca juga: Pemprov Kalteng usulkan optimalisasi hutan untuk kesejahteraan rakyat

Baca juga: Tiba di Kalteng, berikut rangkaian kegiatan Menteri LHK

Baca juga: Pemprov Kalteng dorong pemerintah kabupaten sediakan gerai khusus penyediaan beras murah