Pemkab Kobar tingkatkan fasilitas wisata selama libur Idul Adha

id Pemkab kotawaringin barat, libur idul adha, pariwisata kobar, kumai, pangkalan bun, kobar, kotawaringin barat

Pemkab Kobar tingkatkan fasilitas wisata selama libur Idul Adha

Petugas menyerahkan tiket masuk kepada wisatawan di salah satu objek wisata di Kabupaten Kotawaringin Barat, Jumat (30/6/2023). (ANTARA/Safitri RA)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah meningkatkan sejumlah fasilitas di kawasan wisata selama masa libur panjang Idul Adha 1444 Hijriah.

"Di antara upaya itu seperti meningkatkan kebersihan sarana prasarana dan keamanan di kawasan wisata," kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dispar Kobar, Lalu Gde Surya Atmaja di Pangkalan Bun, Sabtu.

Dia mengatakan, salah satu lokasi yang menjadi sasaran peningkatan fasilitas itu seperti objek wisata alam Pantai Kubu dan wisata di Pantai Bogam Raya.

Pihaknya juga menyiapkan sejumlah petugas guna memastikan kebersihan di kawasan wisata selalu terjaga. Tujuannya untuk membuat pengunjung merasa nyaman.

Hal tersebut dilakukan Dinas Pariwisata juga dalam rangka memastikan kehadiran pemerintah untuk memberi pelayanan yang baik kepada masyarakat, termasuk pengunjung destinasi wisata.

"Kebersihan gazebo, mushola dan toilet itu sangat penting, karena ini demi kenyamanan para pengunjung," ucapnya.

Selain menurunkan petugas secara langsung, Dinas Pariwisata juga bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Satuan Pamong Praja untuk pengaturan lalu lintas serta menjaga keamanan di kawasan wisata tersebut.

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar minta RSUD Sultan Imanuddin maksimalkan pelayanan

Adapun hingga Jumat (6/30) atau pada masa cuti bersama momen Idul Adha ini, jumlah pengunjung pada wisata Pantai Bogam Raya dalam angka normal.

"Untuk pengunjung terhitung dari kemarin masih dalam angka normal. Kami perkirakan puncak kepadatan pengunjung di berbagai objek wisata di Kobar terjadi pada Sabtu dan Minggu," jelasnya.

Di sisi lain, para pengelola objek wisata di Kobar juga diminta berperan aktif menjaga berbagai fasilitas yang dimiliki. Selain itu juga turut menciptakan suasana aman dan nyaman bagi para wisatawan.

Seiring tercipta suasana aman dan nyaman didukung dengan kondisi fasilitas yang baik, maka pengunjung akan kembali lagi untuk menikmati objek wisata tersebut.

Baca juga: Pemkab Kobar bagikan 104 ekor hewan kurban

Baca juga: Pemkab Kotawaringin Barat prioritaskan penanganan stunting

Baca juga: Penanaman mangrove di pesisir pantai langkah strategis pemulihan ekosistem