Debut box office global 'Indiana Jones 5' raup Rp1,9 triliun

id Indiana Jones 5,box office

Debut box office global 'Indiana Jones 5' raup Rp1,9 triliun

"Indiana Jones and The Dial of Destiny" menyapa penggemar film petualangan berlatar sejarah di bioskop mulai 28 Juni 2023. (ANTARA/HO/Disney Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Film "Indiana Jones and the Dial of Destiny" dibuka perdana pada akhir pekan dengan menghasilkan sekitar 130 juta dolar AS (Rp1,9 triliun) hingga Minggu (2/7) di box office global, mengutip laporan Variety.

Di Amerika Utara, film kelima dari waralaba yang dibintangi Harrison Ford itu debut dengan mengumpulkan 60 juta dolar AS (Rp901,6 miliar). Angka tersebut dinilai cukup mengecewakan yang tidak menyamai pendahulunya yaitu "Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull" (2008) yang saat itu dibuka dengan 100 juta dolar AS (Rp1,5 triliun) di bioskop Amerika Utara.

Meski begitu, angka pendapatan kotor di Amerika Utara itu menjadikan "Indiana Jones 5" menduduki peringkat pertama chart box office. Sementara di luar Amerika Utara, film ini mengumpulkan 70 juta dolar AS (Rp1 triliun). Sementara, biaya produksi "Indiana Jones 5" menelan anggaran 295 juta dolar AS (Rp4,4 triliun).

Selain "Indiana Jones 5", ada pula film animasi dari DreamWorks dan Universal "Ruby Gillman, Teenage Kraken" yang juga melakukan debutnya di bioskop namun cukup mengecewakan karena menempati peringkat keenam box office Amerika Utara dengan menghasilkan 5,2 juta dolar AS (Rp78 miliar).

Baca juga: Indiana Jones hadirkan petualangan sinematik penuh aksi

Sementara itu, posisi film superhero "The Flash" semakin turun di akhir pekan ketiga penayangannya dari yang sebelumnya peringkat ketiga menjadi peringkat kedelapan dengan menambahkan lagi pendapatan sebesar 5 juta dolar AS (Rp75 miliar) di Amerika Utara.

"Spider-Man: Across the Spider-Verse" tetap berada pada peringkat kedua box office dengan mengumpulkan lagi pendapatan sebesar 11,6 juta dolar AS (Rp174 miliar) di akhir pekan kelima perilisannya di Amerika Utara. Sejauh ini, "Spider-Verse" telah mengumpulkan total 600 juta dolar AS (Rp9 triliun) dalam penjualan tiket secara global.

Sementara secara berturut-turut, peringkat ketiga hingga kelima box office Amerika Utara ditempati oleh "Elemental" dengan menambahkan lagi pendapatan sebesar 11,3 juta dolar AS (Rp169,8 miliar), "No Hard Feelings" dengan 7,5 juta dolar AS (Rp112,7 miliar), serta "Transformers: Rise of the Beasts" dengan 7 juta dolar AS (Rp105 miliar). 

Baca juga: Steven Spielberg mengaku suka dengan sekuel kelima 'Indiana Jones'

Baca juga: 'Indiana Jones 5' dikabarkan tayang perdana di Festival Cannes

Baca juga: 'Indiana Jones: Dial of Destiny' hadirkan cuplikan perdana