TMMD bantu percepatan pembangunan di Palangka Raya

id tmmd,palangka raya,kalimantan tengah,kalteng

TMMD bantu percepatan pembangunan di Palangka Raya

Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu (berhijab) menyematkan pin sebagai tanda dimulainya program TMMD imbangan ke-177 di Palangka Raya. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Hera Nugrahayu Yunianto mengatakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) sangat membantu percepatan pembangunan di daerah setempat.

"Melalui TMMD pembangunan fasilitas umum seperti perbaikan jalan, pembangunan jembatan, program ini juga mengedukasi masyarakat baik menyosialisasikan permasalahan hukum, bahaya karhutla serta lain sebagainya," kata Hera di Palangka Raya, Sabtu.

Dia menuturkan, Tim Satuan Tugas (Satgas) TMMD di Kota Palangka Raya sedang fokus memperbaiki akses jembatan yang setiap hari menjadi akses utama masyarakat setempat.

Tidak hanya personel TNI yang termasuk dalam program TMMD saja terlibat, melainkan sejumlah relawan serta masyarakat dan unsur pemerintah juga ikut menyukseskan program yang setiap tahunnya dilaksanakan oleh TNI melalui Kodim 1016 Palangka Raya.

"Saya menginginkan program seperti ini terus berjalan setiap tahunnya. Kemudian usul lokasi yang diprioritaskan untuk dilaksanakan program tersebut, daerah yang benar-benar memerlukan pembangunan untuk fasilitas umum," katanya.

Baca juga: UMPR tingkatkan kualitas SDM melalui kuliah berbiaya murah

Saat ini, Satgas TMMD Imbangan ke-117 Kota Palangka Raya, membangun jembatan sepanjang 180 meter yang merupakan akses jalan bagi warga di daerah pinggiran di kota setempat dilaksanakan di Kelurahan Mungku Baru, Kecamatan Rakumpi.

Pembangunan jalan berbahan kayu itu disesuaikan dengan kondisi dan keadaan fasilitas serta masyarakat setempat.

Dengan kemudahan akses itu, diharapkan masyarakat semakin produktif sehingga mampu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

Dandim 1016 Palangka Raya, Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat mengatakan, program TMMD ini sebagai bentuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Sehingga kebersamaan semakin kokoh untuk bersama-sama memajukan pembangunan wilayah guna kesejahteraan masyarakat dan membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan.

"Selain program fisik, TMMD juga melaksanakan program non fisik seperti penyuluhan narkoba, pelayanan kesehatan, wawasan kebangsaan, penyuluhan keluarga berkualitas dan sebagainya," katanya.