Menteri LHK kunjungi Taman Nasional Tanjung Puting

id Menteri LHK kunjungi Taman Nasional Tanjung Puting, kalteng, kobar, Kotawaringin Barat, lhk, Siti nurbaya

Menteri LHK kunjungi Taman Nasional Tanjung Puting

Pelaksana Harian Sekda Kabupaten Kobar Juni Gultom bersama Menteri LHK Siti Nurbaya dan juga delegasi USAID, Sabtu (22/7/2023) ANTARA/HO-Istimewa

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah Juni Gultom menyambut kedatangan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya yang datang berkunjung,  Sabtu (22/7)

"Ibu Menteri hadir ke Kabupaten Kobar untuk melakukan kunjungan ke Taman Nasional Tanjung Puting," kata Juni Gultom saat dikonfirmasi, Minggu.

Saat penyambutan kedatangan Menteri LHK tersebut, Juni Gultom didampingi oKomandan TNI AU Lanud Iskandar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kobar, Balai TNTP, BKSDA, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

"Dalam hal ini komitmen kita dalam memelihara hutan, sustainable development dan turut berkontribusi menjaga planet dari perubahan iklim," ucapnya.

Juni mengungkapkan, dengan kunjungan yang dilakukan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini, pihaknya berharap pemerintah dapat bersama-sama mengembangkan "collaborative governance" atau pemerintahan kolaboratif dalam pembangunan daerah.

Baca juga: Pemkab cegah penangkapan ikan dengan merusak di perairan Kobar

Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Situ Nurbaya mengatakan, pihaknya melakukan kunjungan bersama delegasi Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID).

"Melalui kunjungan ini, kita mengajak delegasi USAID untuk bersama-sama melihat bukti nyata keberhasilan, upaya konservasi kawasan dan keanekaragaman hayati, termasuk melindungi spesies ikonik Indonesia seperti orang utan di Tanjung Puting ini," ucapnya.

Dalam kunjungannya ini, Siti Nurbaya didampingi Menteri Siti didampingi oleh Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) KLHK Satyawan Pudyatmoko, Direktur Pengelolaan Kawasan Konservasi Ditjen KSDAE Jefry Susyafrianto beserta para Kepala UPT KLHK di Kalimantan Tengah.

Sementara, delegasi USAID terdiri dari Asisten Administrator Biro untuk Asia Michael Schiffer, Direktur USAID Indonesia Jeffery P. Cohen, didampingi dua orang dari Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Baca juga: BMKG perkirakan tiga hari ke depan di Kobar berpotensi terjadi hujan

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar sampaikan pesan penting saat pawai tanglong

Baca juga: BPOM Kobar berpartisipasi tingkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan