FISIP UMPR gelar Bimtek pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sukamara

id sukamara,fisip,umpr,kalteng

FISIP UMPR gelar Bimtek pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sukamara

FISIP UMPR gelar Bimtek pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sukamara (ANTARA/HO-UMPR)

Palangka Raya (ANTARA) - Laboratorium Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (FISIP UMPR) dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah dan menjalin kerja sama untuk meningkatkan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD setempat.

"Pada bimtek bertema 'Sukseskan Pemilu Sebagai Perwujudan Tanggung Jawab Bersama' ini kami ingin berperan dalam peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sukamara," kata Dekan FISIP UMPR Dr Irwani MAP di saat dikonfirmasi dari Palangka Raya, Jumat.

Dia menerangkan, bimbingan teknis yang diselenggarakan selama empat hari diikuti anggota dewan, kepala beserta staf sekretariat DPRD Kabupaten Sukamara.

Kegiatan terselenggara berkat kerja sama antara Sekretariat DPRD Kabupaten Sukamara dan Laboratorium Politik dan Kebijakan Publik FISIP Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Dia pun berharap, melalui bimbingan teknis tersebut, daya analisis secara teoritis akademis para anggota dewan meningkat dan tajam. Sehingga pihak legislatif semakin mampu mendorong pemerintahan merumuskan dan melaksanakan kebijakan serta program pembangunan berkelanjutan yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua DPRD Sukamara Hariawan Putra pun optimistis bimbingan teknis tersebut akan semakin meningkatkan kontribusi pemikiran, ide dan gagasan dalam upaya meningkatkan PAD dan pembangunan di Kabupaten Sukamara.

Dia mengatakan, secara praktis, anggota DPRD, selaku mitra pemerintah daerah merupakan orang yang memiliki kompetensi mendalam terutama untuk menelaah, mencermati dan mengevaluasi program pemerintah.

Melalui kerja sama dengan Laboratorium Politik dan Kebijakan Publik FISIP  Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, pihaknya ingin meningkatkan kapasitas para seluruh anggota DPRD Sukamara.

Sehingga, fungsi lembaga legislatif yang meliputi legislasi, anggaran dan pengawasan semakin maksimal dan berdampak pada tercapainya program pembangunan pemerintah yang efektif, efisien serta tepat sasaran.

Rektor UMPR Dr Muhammad Yusuf mengatakan sejak didirikan pada btahun 1987, dengan visinya yang berbunyi “Unggul dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berlandaskan Iman dan Taqwa”, UM Palangkaraya saat ini terus berkembang menuju perguruan tinggi Muhammadiyah yang berkemajuan.

Dalam upaya untuk mencapai visi tersebut, UM Palangkaraya saat ini terus membenahi diri. Pada satu sisi, pembenahan itu dimaksudkan untuk mempercepat pencapaian visi dan misi UM Palangkaraya, dan di sisi lain dimaksudkan untuk memenuhi tuntutan pemerintah dan masyarakat akan perguruan tinggi yang bermutu.

Dalam hal posisi perguruan tinggi se Indonesia, maka peringkat UM Palangkaraya juga terus mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil pemeringkatan yang dilakukan Kemristekdikti yang direlease beberapa wwaktu lalu, saat ini UM Palangkaraya menempati rangking 280 dari 3.244 PTN/PTS se Indonesia. Ini berarti bahwa UM Palangkaraya merupakan universitas swasta terbaik bukan hanya se Kalteng, bahkan merupakan universitas swasta terbaik se Kalimantan.