Disdagperin Kalteng giatkan pendampingan IKM bantu pengembangan usaha

id Pemprov kalteng, disdagperin kalteng, ikm baru, wirausaha baru, peningkatan kapasitas ikm, kalteng, kalimantan tengah, aster bonawaty

Disdagperin Kalteng giatkan pendampingan IKM bantu pengembangan usaha

Foto Arsip - Kadisdagperin Kalteng Aster Bonawaty (tiga dari kiri) meninjau salah seorang pelaku IKM di Palangka Raya.

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Provinsi Kalimantan Tengah menggiatkan pendampingan kepada para pelaku industri kecil dan menengah (IKM).

"Berbagai pendampingan yang kami lakukan bertujuan untuk membantu IKM mengembangkan usaha yang dimiliki," kata Kepala Disdagperin Kalteng Aster Bonawaty di Palangka Raya, Rabu.

Aster menjelaskan, pendampingan yang dilakukan Disdagperin Kalteng seperti melalui pelaksanaan bimbingan teknis, pelatihan, serta kegiatan lainnya yang bersifat edukatif.

Pihaknya berupaya secara optimal mengawal pelaku IKM di Kalteng untuk terus tumbuh dan berkembang, terlebih melihat potensi pertumbuhan wirausaha baru khususnya IKM begitu potensial.

"Dengan ragam program maupun kegiatan yang terlaksana, kami ingin memberikan mereka motivasi usaha, pengetahuan bisnis, keterampilan, termasuk kerja sama yang baik bersama mitra," tuturnya.

Baca juga: Disdagperin optimalkan pemanfaatan Inaexport dorong peningkatan ekspor di Kalteng

Disdagperin Kalteng juga memberi perhatian kepada para wirausaha baru di sektor IKM. Keberadaan mereka dinilai memiliki peranan penting dalam memperkuat perekonomian nasional.

"Hal ini juga sekaligus mendukung upaya perluasan kesempatan berusaha dan bekerja hingga ke pelosok daerah. Untuk itu pemerintah provinsi berupaya hadir dan membantu para pelaku IKM," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sampai saat ini pertumbuhan dan perkembangan IKM di Kalimantan Tengah cukup baik, yakni mencapai hingga 9.653 unit yang terdiri dari berbagai sektor usaha.

"Kami terus berupaya membantu IKM-IKM di Kalteng tumbuh dan berkembang, guma memacu laju pertumbuhan ekonomi daerah," tuturnya.

Baca juga: Dukung IKM naik kelas, Disdagperin Kalteng fasilitasi akses sertifikat HAKI

Baca juga: Disdagperin Kalimantan Tengah ajak pelaku IKM manfaatkan klinik konsultasi