Disdagperin optimalkan pemanfaatan Inaexport dorong peningkatan ekspor di Kalteng

id Pemprov kalteng, disdagperin kalteng, inaexport, asuransi ekspor, sri widanarni, aster bonawaty, ekspor kalteng, perdagangan luar negeri, kalteng, kal

Disdagperin optimalkan pemanfaatan Inaexport dorong peningkatan ekspor di Kalteng

Sosialisasi layanan Inaexport dan asuransi ekspor di Provinsi Kalimantan Tengah, Palangka Raya, Selasa, (25/7/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengoptimalkan pemanfaatan platform Inaexport untuk mendorong peningkatan aktivitas ekspor di daerah setempat.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sri Widanarni di Palangka Raya, Selasa, mengatakan, optimalisasi tersebut di antaranya dengan melaksanakan sosialisasi layanan platform Inaexport dan asuransi ekspor kepada pelaku usaha sektor industri.

"Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sangat fokus dalam kegiatan ini yang diharap memberi gambaran, pengetahuan dan hal-hal teknis terkait yang bermanfaat bagi daerah, khususnya pelaku usaha berorientasi ekspor maupun para eksportir existing," jelasnya.

Inaexport merupakan platform bisnis ke bisnis resmi dari Pemerintah Indonesia. Inaexport merupakan hasil pengembangan dari layanan keanggotaan Ditjen PEN yang dibangun dengan tujuan menjadi sebuah platform layanan dalam jaringan terintegrasi bagi para pelaku usaha, untuk mendapat informasi peluang ekspor.

Sri Widanarni mengharapkan, kinerja perdagangan luar negeri Kalimantan Tengah semakin baik, serta kontribusi perdagangan luar negeri Kalimantan Tengah bagi negara juga semakin besar.

"IKM semakin banyak yang mampu melakukan ekspor dan memiliki nilai tambah ekonomi," tuturnya.

Baca juga: Pemprov dan DPRD Kalteng sepakati Raperda Pertanggungjawaban APBD 2022

Kalimantan Tengah dari tahun ke tahun selalu berkontribusi positif secara signifikan sebagai salah satu provinsi penyumbang devisa terbesar bagi negara. Hal tersebut dibuktikan dengan Neraca Perdagangan Luar Negeri Kalimantan Tengah dalam lima tahun terakhir selalu mengalami surplus di atas 1,5 miliar US Dolar.

Adapun mengacu data Perdagangan Luar Negeri Kalimantan Tengah, sektor mineral dan batubara masih menempati urutan teratas bersama dengan kelapa sawit dan turunannya sebagai produk ekspor unggulan dari provinsi setempat dalam lima tahun terakhir.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalimantan Tengah Aster Bonawaty menjelaskan, melalui sosialisasi ini pihaknya berupaya agar pemanfaatan Inaexport semakin optimal, agar terhubungnya pemasok Indonesia atau eksportir dengan pembeli di luar negeri dari seluruh dunia.

"Juga untuk mempromosikan perusahaan Indonesia khususnya Kalimantan Tengah dan produk mereka secara online untuk menjangkau pembeli yang lebih luas khususnya di luar negeri, termasuk memberi informasi perdagangan terbaru untuk pemasok/eksportir maupun pembeli luar negeri," terangnya.

Adapun terkait asuransi ekspor, diharapkan juga dapat dimanfaatkan untuk memberi ganti rugi kepada eksportir terhadap kemungkinan risiko kerugian akibat tidak menerima pelunasan pembayaran dari importir atau bank pembuka L/C yang disebabkan oleh risiko komersial dan/atau risiko politik.

Baca juga: OJK Kalteng dorong setiap TPAKD lakukan penajaman program

Baca juga: Diskop UKM apresiasi koperasi di Kalteng mulai transformasi digital

Baca juga: Beras signifikan pengaruhi inflasi, Pemprov Kalteng gencarkan opsar