Diskop UKM apresiasi koperasi di Kalteng mulai transformasi digital

id Pemprov kalteng, diskop ukm kalteng, digitalisasi koperasi kalteng, transformasi digital koperasi, koperasi modern kalte

Diskop UKM apresiasi koperasi di Kalteng mulai transformasi digital

Kepala Diskop UKM Kalteng Norhani. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyatakan koperasi di daerah setempat secara bertahap mulai melakukan transformasi digital dan masuk dalam kategori modern.

Kepala Diskop UKM Kalteng Norhani di Palangka Raya, Senin, menjelaskan koperasi modern dapat diartikan sebagai koperasi yang telah melaksanakan transformasi digital atau memanfaatkan teknologi dalam kegiatan usaha atau perkoperasian.

"Untuk wilayah Kalimantan Tengah saat ini setidaknya sudah ada sekitar enam koperasi modern yang telah di-SK-kan kementerian," katanya.

Dia menjelaskan koperasi modern ini di antaranya telah menjalankan kegiatan berbasis teknologi informasi, orientasi usaha berbasis model bisnis, hingga hasil rapat anggota tahunan (RAT) yang sehat, yakni akuntabel dan transparan.

"Digitalisasi koperasi ini sangat penting dan strategis guna mendorong pengembangan sekaligus modernisasi koperasi di Kalimantan Tengah," katanya.

Ia menyatakan optimistis melalui digitalisasi maka koperasi akan berkembang semakin pesat, termasuk mengoptimalkan berbagai peluang yang tersedia.

Baca juga: Beras signifikan pengaruhi inflasi, Pemprov Kalteng gencarkan opsar

Norhani menegaskan Pemprov Kalteng terus mendorong agar semakin banyak koperasi modern yakni yang berbasis digital, melalui berbagai program dan kegiatan pendampingan serta pelatihan.

Kegiatan itu, katanya, guna meningkatkan kapasitas pengurus koperasi sehingga semakin memahami berbagai hal yang diperlukan untuk melaksanakan transformasi digital.

"Digitalisasi koperasi banyak memberi manfaat, seperti memberi kemudahan dan kecepatan pelayanan dalam kegiatan perkoperasian, serta diharap mampu mempercepat pertumbuhan koperasi yang muaranya adalah peningkatan kesejahteraan anggota," ucapnya.

Ia mengatakan pengembangan koperasi tak hanya berfokus pada koperasi di wilayah perkotaan, namun secara merata hingga berbagai daerah.

Ia menyebut koperasi sebagai sokoguru perekonomian masyarakat diharapkan bisa meningkatkan berbagai sektor usaha yang dikembangkan dan dilakukan dari anggota untuk anggota.

Baca juga: Pemprov Kalimantan Tengah urutan pertama nasional realisasi penyerapan DAK Fisik

Baca juga: Pertumbuhan UMKM Kalteng tunjukkan tren positif

Baca juga: Bulog-Pemprov Kalteng optimalkan penyaluran beras SPHP antisipasi dampak El Nino