KPK bersama Pemprov Kalteng cegah korupsi melalui keluarga berintegritas

id Kpk ri, komisi pemberantasan korupsi, pemprov kalteng, gubernur kalteng, sugianto sabran, kalteng, kalimantan tengah, antikorupsi, pendidikan antikoru

KPK bersama Pemprov Kalteng cegah korupsi melalui keluarga berintegritas

Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana (lima dari kiri) didampingi Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan lainnya, membuka bimtek keluarga berintegritas di Palangka Raya, Jumat, (4/8/2023). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengoptimalkan upaya pencegahan korupsi dengan mewujudkan keluarga yang berintegritas.

Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK, Wawan Wardiana di Palangka Raya, Jumat, mengatakan, maka hari ini pihaknya melaksanakan bimbingan teknis keluarga berintegritas yang diikuti para kepala daerah dan pasangan di Kalimantan Tengah, serta para kepala perangkat daerah dan pasangan lingkup provinsi.

"Melalui kegiatan ini, kami mendidik masyarakat sampai dengan pejabat supaya memahami apa itu korupsi dan dampaknya seperti apa, kemudian menanamkan nilai-nilai antikorupsi," tegasnya.

Nilai-nilai antikorupsi dimaksud meliputi jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil, dan kerja keras yang diharapkan dapat diimplementasikan secara nyata.

"Kalau semua itu bisa diimplementasikan, saya kira tidak ada lagi istri yang mendorong suami mendapatkan sesuatu yang di luar pendapatan resmi, dan lainnya," jelasnya.

Wawan Wardiana berharap melalui pelaksanaan bimbingan teknis ini, khususnya keluarga pejabat di Kalimantan Tengah benar-benar berintegritas sehingga upaya pencegahan korupsi semakin optimal.

Baca juga: Rusak dan dikeluhkan warga, Gubernur desak Pusat perbaiki jalan nasional di Pangkalan Banteng

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, kegiatan pendidikan antikorupsi yang diselenggarakan oleh KPK pada hari ini, merupakan yang kedua setelah sebelumnya juga pernah terlaksana.

"Dan kegiatan hari ini sangat luar biasa, bahwa ini mengenai keluarga berintegritas, berarti lingkup kecil yakni lingkup keluarga. Kalau kemarin secara luas, maka ini semakin kecil dan lebih spesifik lagi," terangnya.

Dia berharap melalui berbagai upaya yang dilakukan secara optimal dalam pencegahan maupun pemberantasan, dapat mewujudkan Kalimantan Tengah yang bebas dari korupsi.

"Dengan sistem yang dibuat oleh KPK maupun pemerintahan, baik dari sisi perencanaan hingga penganggaran dan lainnya, dapat terwujudnya keinginan kita bersama supaya Indonesia serta Kalimantan Tengah bebas dari korupsi," ucapnya.

Baca juga: Pemprov matangkan persiapan Gema Tabligh Akbar Kalimantan Tengah

Baca juga: Kalteng terima Insentif Fiskal Pengendalian Inflasi dari Pusat, berikut besarannya

Baca juga: Gubernur tegaskan atlet PON harus berasal dari Kalteng