Bandara Tjilik Riwut beri bantuan perahu dukung pengembangan Wisata Air Hitam

id Bandara tjilik riwut, bantuan perahu bermotor multiguna, ap II, angkasa pura II, EGM Bandara Tjilik Riwut, Ardha Wulanigara, palangkaraya, kalteng, ka

Bandara Tjilik Riwut beri bantuan perahu dukung pengembangan Wisata Air Hitam

Executive General Manager (EGM) Bandara Tjilik Riwut, Ardha Wulanigara secara simbolis menyerahkan bantuan perahu bermotor multiguna untuk Objek Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai di Palangka Raya, (10/8/2023). (ANTARA/HO-Bandara Tjilik Riwut)

Palangka Raya (ANTARA) - Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalimantan Tengah berpartisipasi dalam upaya pengembangan Objek Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai di Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya dengan memberikan bantuan satu unit perahu.

"Bantuan yang kami berikan berupa perahu bermotor multiguna, nantinya difungsikan sebagai transportasi pendukung pada Objek Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai," kata Executive General Manager (EGM) Bandara Tjilik Riwut, Ardha Wulanigara di Palangka Raya, Jumat.

Ardha menjelaskan, perahu bermotor multiguna tersebut, dapat digunakan untuk membantu aktivitas petugas dalam menjaga kebersihan dan keasrian objek wisata dari sampah maupun tanaman liar yang tumbuh di sekitarannya.

"Bantuan yang kami berikan tersebut diharapkan dapat mendukung tercapainya kawasan wisata yang aman, nyaman serta asri, sehingga memberi nilai lebih kepada wisatawan dan masyarakat yang berada di kawasan Objek Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai," ucapnya.

Adapun bantuan perahu bermotor multiguna tersebut, termasuk salah satu Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Angkasa Pura (AP) II KC Bandara Tjilik Riwut.

Pemberian bantuan ini mengusung tema "Sustainable Tourism" yakni pembangunan pariwisata berkelanjutan, tak hanya di Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai, namun juga di berbagai objek wisata lain dengan total sebanyak 18 objek wisata di wilayah kerja AP II.

"Kegiatan ini tercatat ke dalam rekor MURI, untuk kegiatan TJSL serentak dilaksanakan di sebanyak 18 objek wisata," tuturnya.

Baca juga: Diskop UKM Kalteng latih komunitas masyarakat hutan dalam pengelolaan kerajinan getah nyatu

Adapun bantuan perahu tersebut, diterima oleh Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kota Palangka Raya bersama perwakilan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

"Melalui TJSL ini kami berupaya mendukung keberlangsungan dan pengembangan objek wisata yang ada di Kota Palangka Raya. Adapun salah satunya, yakni Objek Wisata Air Hitam yang banyak dikunjungi wisatawan tersebut," jelasnya.

Baca juga: Kesbangpol Kalteng bangun ketahanan keluarga antinarkoba

Baca juga: Pemprov Kalteng bekali paskibraka dengan revolusi mental

Baca juga: Kadisbudpar Kalteng: Lomba karya tulis perkaya literasi kesejarahan