Meriahkan HUT RI, Pemkab Barsel adakan sejumlah perlombaan bagi pelajar

id Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Barito Selatan, Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan, HUT RI, HUT RI ke-78

Meriahkan HUT RI, Pemkab Barsel adakan sejumlah perlombaan bagi pelajar

Penjabat Bupati Barito Selatan, DR Deddy Winarwan bersama Forkopimda dan kepala SOPD berfoto bersama dengan sejumlah peserta yang mengikuti lomba, di Buntok, Jumat (11/8). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mempersiapkan dan menyelenggarakan sejumlah perlombaan kepada para pelajar di wilayah setempat, sebagai bentuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 

Dilaksanakannya berbagai perlombaan itu juga upaya meningkatkan semangat kebangsaan para pelajar di kabupaten ini, kata Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan saat membuka secara resmi perlombaan di Buntok, Jumat.

"Kami juga ingin para pelajar semakin cinta dan memaknai Pancasila, memiliki jiwa kemandirian, rasa percaya diri, semangat juang tinggi, menghargai karya orang lain, dan lainnya," kata Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan saat membuka acara tersebut, di Buntok, Jumat.

Dikatakannya, kegiatan yang dilaksanakan ini untuk meningkatkan kecerdasan dan menjunjung tinggi sportifitas melalui kreatifitas yang mereka miliki.

"Selain itu juga menumbuhkan rasa nasionalisme, cinta tanah air, termasuk mencintai dan melestarikan budaya daerah," ucap Deddy Winarwan.

Melalui kegiatan ini, para pelajar dapat berkreasi, berekspresi dan menyalurkan kreatifitas mereka melalui warna, melalui goresan, melalui olah vokal dan melalui kemampuan berbicara.

"Kegiatan lomba ini merupakan kesempatan bagi anak-anak kita untuk saling berkolaborasi, berinteraksi dengan sesama dan juga memberikan rasa gembira dan bahagia di momen hari kemerdekaan tahun ini," ucapnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Pendidikan Barito Selatan, Syahdani menyampaikan kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Republik Indonesia ini diikuti ratusan pelajar dari sejumlah sekolah yang ada di daerah ini.

"Adapun peserta yang mengikuti lomba ini berasal dari pelajar tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA)," jelasnya.

Baca juga: Sambut HUT ke-78 RI, Pj Bupati saksikan 769 peserta lomba memancing ikan di Barsel

Ia menerangkan, untuk lomba pidato berbahasa dayak diikuti oleh 25 orang siswa SLTA, dan untuk menyanyi diikuti 80 siswa SLTP, dan menggambar diikuti 112 pelajar SD dan untuk lomba mewarna akan diikuti sejumlah pelajar dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Ia berharap, melalui kegiatan lomba yang ini dapat meningkatkan kreativitas pelajar terutama dalam mengembangkan diri melalui bakat yang dimiliki.

Pada kegiatan tersebut dihadiri sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.

Baca juga: DSPMD Barsel laksanakan percepatan penyaluran DD dan ADD tahap II

Baca juga: Penerimaan PAD Dinas Perhubungan Barsel capai 83 persen

Baca juga: Deddy Winarwan sentuh pembangunan Barito Selatan hingga pelosok desa