Sambut HUT ke-78 RI, Pj Bupati saksikan 769 peserta lomba memancing ikan di Barsel

id Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Deddy Winarwan, Barito Selatan, barsel, kalteng, lomba memancing, lomba memancing di barsel

Sambut HUT ke-78 RI, Pj Bupati saksikan 769 peserta lomba memancing ikan di Barsel

Penjabat Bupati Barito Selatan, Deddy Winarwan saat memancing ikan di sela-sela membuka lomba di Buntok, Kamis (10/8/2023). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Deddy Winarwan mendukung sekaligus menyaksikan langsung 769 orang mengikuti lomba memancing ikan, yang sengaja digelar sebagai bentuk menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

"Lomba memancing ini bukan hanya memeriahkan HUT ke 78 RI, tetapi juga upaya promosi Gerakan Gemar Makan Ikan (Gemarikan)," kata Deddy di Buntok, Kamis.

Dikatakan, kegiatan lomba memancing Ikan ini juga, sebagai ajang promosi dan mengajak masyarakat, terutama insan pencinta mancing ikan di alam bebas, agar bersama-sama menjaga Potensi Perairan Umum  di Kabupaten Barito Selatan.

Kemudian, meningkatkan perhatian kepada upaya penggunaan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan yang proses penangkapan ikannya tidak bertentangan dengan aturan.

"Dengan demikian, perairan umum tetap lestari agar terpeliharanya sumberdaya perairan yang lestari, sehingga dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan hingga anak cucu kita nantinya," kata Deddy.

Pj Bupati Barsel itu pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan misalnya alat setrum, potas atau racun ikan dan bahan-bahan lainnya, yang mengakibatkan kerusakan ekosistem serta habitat sumberdaya perairan dan merusak alam serta lingkungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Barito Selatan, Ida Safitri menyampaikan untuk lomba memancing ikan di kolam milik DKPPP ini terbagi menjadi dua kategori yakni umum dan pelajar. 

"Untuk jumlah peserta dari kategori umum sebanyak 720 orang, dan dari kategori pelajar sebanyak 49 orang peserta," terangnya.

Sedangkan total hadiah lomba memancing untuk kategori umum dan pelajar ini sebesar Rp20 juta. Disamping itu, panitia juga menyediakan hadiah door prize.

Baca juga: DSPMD Barsel laksanakan percepatan penyaluran DD dan ADD tahap II

"Untuk peserta yang memperoleh ikan pertama dan bobotnya paling berat akan mendapatkan hadiah satu unit kulkas dari Penjabat Bupati Barito Selatan," tambah Ida Safitri.

Ketua panitia, Sahandrianto menyampaikan, peserta yang mengikuti lomba memancing ikan di tahun keenam ini, jumlahnya paling banyak dibandingkan peserta pada tahun-tahun sebelumnya.

"Untuk peserta lomba memancing di kolam milik DKPPP Barito Selatan ini berasal dari Kabupaten Barito Selatan dan dari Kabupaten Barito Timur," kata dia

Baca juga: Penerimaan PAD Dinas Perhubungan Barsel capai 83 persen

Baca juga: Deddy Winarwan sentuh pembangunan Barito Selatan hingga pelosok desa

Baca juga: Penjabat Bupati Barsel dukung penuh gerakan transisi PAUD ke SD menyenangkan