Pemkab Barito Utara dukung inovasi teknologi pemanfaatan smart city

id fgd barito utara,smart city,barito utara,kalteng

Pemkab Barito Utara dukung inovasi teknologi pemanfaatan smart city

Pemkab Barito Utara menggelar kegiatan Focuss Group Discussion (FGD) Smart City 2023, di Muara Teweh, Selasa (29/8/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mendukung  Focuss Group Discussion (FGD) Smart City 2023 melalui inovasi perubahan teknologi untuk terciptanya good governance.

"Di era digital saat ini, perkembangan teknologi dan informasi berjalan secara cepat dan bagi kita yang bekerja dalam sektor pelayanan publik dituntut untuk beradaptasi mengikuti perubahan teknologi,” kata Sekda Muhlis dalam sambutannya dibacakan Asisten Bidang Administrasi Umum Yaser Arapat di Muara Teweh, Selasa. 

Menurut dia, kehadiran smart city merupakan kunci untuk menjadikan kota yang memanfaatkan SDM, modal sosial dan infrastruktur telekomunikasi modern untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan kualitas hidup yang tinggi dengan manajemen sumber daya yang bijaksana melalui pemerintahan berbasis partisipasi masyarakat.

Adapun konsep smart city, katanya, meliputi kota yang berkinerja baik dengan berpandangan ke dalam ekonomi, penduduk, pemerintahan, mobilitas dan lingkungan hidup. Kota yang mengontrol dan mengintegrasi semua infrastruktur.

Kemudian menghubungkan infrastruktur fisik, infrastruktur teknologi informasi (TI), infrastruktur sosial dan infrastruktur bisnis untuk meningkatkan kecerdasan kota.

“Smart city membuat kota efisien dan layak huni dan penggunaan smart computing untuk membuat smart city dan fasilitasnya saling efisien,” katanya.

Dia mengatakan melalui kegiatan FGD smart city ini, digunakan waktu untuk mencari masukan, ide saran serta gagasan dari perangkat daerah yang memiliki innovasi smart city sangat berperan penting untuk terlaksananya penyusunan dokumen smart city  2023.

Pada kesempatan itu juga Sekda melalui Asisten Sekda mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang bersedia meluangkan waktunya untuk hadir mengikuti kegiatan FGD smart city.

“Saya yakin dan percaya jika kita semua berkomitmen untuk memajukan Barito Utara yang sama-sama kita cintai ini, bukan suatu hal yang mustahil daerah ini akan menjadi kabupaten maju seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung dalam hal smart city,” imbuhnya.   

Sekda juga mengharapkan kegiatan ini bermanfaat dan mendapatkan dampak positif sesuai dengan yang direncanakan dan memberikan arah yang baik dalam pembangunan Kabupaten Barito Utara.