FKUB beri pembinaan kepada Guru TK di Kapuas Timur

id Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Forum Kerukunan Umat Beragama kapuas, FKUB kapuas, kalteng

FKUB beri pembinaan kepada Guru TK di Kapuas Timur

Jajaran FKUB Kabupaten Kapuas bersama para guru TK Negeri Pembina Kapuas Timur, melakukan foto bersama usai kegiatan pembinaan kerukunan, Jumat (8/9/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sejumlah guru Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain dan TPO, di Kecamatan Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mendapat pembinaan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) setempat.

"FKUB membawa tema Umat Beragama Rukun, Kapuas Damai, Ayo dukung dan kita Jaga Kerukunan di Kabupaten Kapuas," ajak Ketua FKUB Kapuas, Muchtar Ruslan, di sela kegiatan, Jumat (8/9).

Dia juga mengharapkan kepada guru-guru TK, TPO untuk bisa menjadi pelapor kerukunan, baik dalam bertugas, berkeluarga, maupun di masyarakat. 

Muchtar Ruslan juga menyampaikan pentingnya menjaga kerukunan baik itu antar umat beragama dan intern umat beragama, dengan membawa slogan FKUB Kabupaten Kapuas "Umat Beragama Rukun, Kapuas Damai".

Ia berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kecamatan Kapuas Timur, agar saling berkoordinasi dalam menjaga kerukunan dan kepada para guru agar bisa menjadi duta kerukunannya di sekolah masing-masing.

Sementara itu, kegiatan dengan mengambil tempat di TK Negeri Pembina Kapuas Timur, puluhan peserta antusias mengikuti jalannya kegiatan dan materi yang disampaikan Ketua FKUB Kapuas, Muchtar Ruslan, Kepala Kemenag Kapuas Hamidhan dan Kepala Badan Kesbangpol Marlina Kasyfiatie.

Hamidhan selaku Kepala Kemenag Kapuas yang juga sebagai Penasehat FKUB setempat dalam kesempatan itu memberikan materi tentang Moderasi Beragama. 

"Moderasi beragama adalah sikap yang harus dipahami serta dikembangkan apalagi di tengah keberagaman masyarakat yang multikultural," katanya.

Baca juga: Pemkab Kapuas beri pembinaan puluhan KPM desa lokus stunting

Kepala Badan Kesbangpol Kapuas, Marlina Kasyfiatie menyampaikan pentingnya seorang pendidik untuk memberikan contoh dalam menjaga kerukunan. 

"Menjaga Kerukunan bukan hanya tugas pemerintah daerah, akan tetapi tugas kita semua, mari terus kita jaga," demikian Marlina Kasyfiatie.

Dalam pembinaan juga diselingi kuis, tanya jawab seputar kerukunan, kebangsaan dan sejarah wilayah Kabupaten Kapuas, dengan diberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi guru-guru pendidik TK.

Baca juga: Diskominfo Kapuas beri pemahaman terkait jurnalistik ke mahasiswa STAI

Baca juga: Pemda berikan pendidikan politik kepada pemuda di Kapuas

Baca juga: BPBD mencatat telah ada 56 kejadian karhutla selama 2023 di Kapuas