Legislator Kapuas minta penyaluran bantuan bibit unggul padi tepat waktu

id dprd Kapuas, Kapuas, kalteng, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Sri Umi Daryatun

Legislator Kapuas minta penyaluran bantuan bibit unggul padi tepat waktu

Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Sri Umi Daryatun melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian setempat, belum lama ini. ANTARA/HO-Setwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Legislator Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Sri Umi Daryatun mengingatkan sekaligus meminta Dinas Pertanian setempat, agar dalam memberikan atau menyalurkan bibit padi unggul kepada para petani lebih tepat waktu.

"Saya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kapuas menyampaikan aspirasi dari para petani di Desa Tajepan, Kecamatan Kapuas Murung," kata Sri Umi di Kuala Kapuas, Kamis (21/9).

Anggota DPRD Kapuas itu mengaku bahwa aspirasi petani Desa Tajepan yang dia perjuangkan berupa permintaan bantuan pengadaan bibit padi unggul untuk menyongsong masa tanam Oktober - Maret. Untuk itulah dirinya menindaklanjuti aspirasi para petani tersebut ke Distan Kapuas, agar rencana tanam tidak mundur dengan diadakannya bibit sejak awal. 

wakil rakyat Kapuas dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengatakan, dari koordinasi tersebut, pihak Distan Kapuas akan mengusahakan agar bibitnya bisa segera diterima masyarakat, sehingga bisa menanam sesuai bulan dengan masa tanam.

Program tersebut, kata wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas IV meliputi Kecamatan Kapuas Murung, Pulau Petak, Kapuas Hilir dan Dadahup ini, juga akan di support dengan aspirasinya di anggaran tambahan tahun ini untuk pengadaannya.

Baca juga: Pemkab Kapuas buka seleksi 2.149 formasi PPPK

"Jadi, kami harapkan secepatnya bisa direalisasikan dan bisa diakomodir masyarakat bisa menanam bibit padi unggul bisa tepat waktu, sehingga panennya bisa sesuai harapan," kata Sri.

Terlebih, tambahnya, nantinya dengan serentaknya petani menanam padi akan dapat menghindari hama di lahan pertanian, sehingga panennya bisa sesuai dengan harapan para petani.

"Kita doakan semoga para petani mendapatkan panen padi yang berlimpah pada tahun ini, dan tidak gagal panen akibat hama dan sebagainya. Sekali lagi kita harapkan aspirasi para petani di Desa Tajepan ini, dapat diakomodir oleh Dinas Pertanian Kapuas," demikian Sri Umi.

Baca juga: Pemkab Kapuas dorong STAI tingkatkan peran melalui KKN

Baca juga: Legislator Kapuas apresiasi nakes RSUD terima penghargaan Nakes teladan

Baca juga: Petani di Kapuas datangi DPRD sampaikan keluhan