Liverpool awali Liga Europa musim ini dengan kemenangan melawan LASK

id Liverpool ,lask,Liga Europa

Liverpool awali Liga Europa musim ini dengan kemenangan melawan LASK

M Salah ketika mencetak gol ke gawang LASK semalam. (ANTARA/HO-liverpool.com)

Jakarta (ANTARA) - Liverpool FC mengawali Liga Europa 2023/2024 dengan kemenangan 3-1 ketika mengalahkan klub Austria LASK Lizn pada laga perdana Grup E di Raiffeisen Arena, Jumat WIB.

Liverpool sempat tertinggal terlebih dahulu melalui sontekan keras Florian Flecker pada menit ke-14. Namun, seperti halnya pertandingan terakhir melawan Wolverhampton Wanderers di Liga Inggris, The Reds kembali membalikkan keadaan dengan mencetak tiga gol pada babak kedua yang dicetak oleh penalti Darwin Nunez (56’), Luis Diaz (63’), dan Mohamed Salah (88’).

Jalannya laga dikuasai tim tamu Liverpool. Namun, pada babak pertama mereka cukup kesulitan mengontrol jalannya laga karena banyak kesalahan passing.

Alhasil, pada babak pertama tepatnya menit ke-14, tim tuan rumah mampu mencuri gol melalui tendangan keras Flecker setelah menerima umpan Sascha Horvath melalui tendangan pojok. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan LASK.

Setelah kebobolan, tim asuhan Jurgen Klopp itu bereaksi cepat dengan menciptakan peluang-pelaung cukup berbahaya.

Darwin Nunez pada menit ke-18 mendapatkan free header hasil umpan Harvey Elliot. Namun, sundulan striker nomor punggung 9 itu masih gagal menemui target.

Striker yang didatangkan Liverpool dari Benfica itu kembali mendapatkan peluang pada menit ke-33. Berawal dari skema sepak pojok, umpan dari Kostas Tsimikas berhasil ditanduk oleh Virgil van Dijk. Tandukan kapten tim Liverpool itu menemui Nunez yang tinggal menyontek bola.

Namun, sundulan Nunez dari jarak dekat masih diselamatkan dengan apik oleh kiper LASK Tobias Lawal. The Anfield Gank gagal menyamakan kedudukan di babak pertama dan skor 1-0 untuk LASK bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Liverpool meningkatkan instensitas serangan.

Hasilnya, tim yang baru saja kembali ke kompetisi Liga Europa setelah terakhir kali pada 2015/2016 itu akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui penalti Nunez pada menit ke-56 setelah sebelumnya Luis Diaz dilanggar di kotak terlarang.

Setelah kemasukan, LASK memberikan cukup perlawanan. Satu menit setelah gol Nunez, tim asuhan Thomas Sageder itu mendapatkan peluang dari sepakan mendatar jarak jauh yang dilesatkan Elias Havel. Pada momen ini, tendangan pemain bernomor punggung 24 itu masih dapat ditepis oleh Caoimhin Kelleher.

Pada menit ke-61, Kelleher kembali menunjukkan kelasnya yang dimana pada kali ini kiper berkebangsaan Irlandia itu melakukan penyelamatan gemilang dari tendangan jarak dekat Marin Ljubicic.

Setelah dua peluang dari tim tuan rumah itu, Liverpool memanfaatkan kelengahan LASK dalam bertahan dengan kembali mencetak gol dan membuat skor menjadi 2-1 pada menit ke-63 melalui tendangan Diaz setelah mendapatkan umpan dari pemain baru yang bermain sejak awal, Ryan Gravenberch.

Pada menit ke-74, tim yang belum terkalahkan di Liga Inggris itu hampir menggandakan skor ketika sontekan pemain pengganti, Mohamed Salah hampir menjebol gawang LASK yang sudah kosong.

Upaya Salah untuk mencetak gol baru terjadi pada menit ke-88. Melalui aksi individual, bintang asal Mesir itu melewati dua pemain sekaligus sebelum melesatkan bola di sela-sela kaki kiper LASK. Skor menjadi 3-1 dan skor ini bertahan sampai peluit panjang berbunyi.

Kemenangan ini menjadi awal yang manis Liverpool di Liga Europa musim ini. Tiga poin ini juga menandai kemenangan ke-50 Klopp sebagai pelatih Liverpool di kompetisi Eropa.

Hasil ini membawa Si Merah memimpin klasemen sementara Grup E dengan 3 poin, diikuti Toulouse dan Union Saint-Gilloise dengan 1 poin, dan LASK dengan 0 poin.


Baca juga: Dybala persembahkan tiket Liga Europa musim depan pada Romanisti
Baca juga: Menang adu penalti lawan AS Roma, Sevilla juara Liga Europa 2022/23
Baca juga: Mourinho fokus tatap final Liga Europa dibanding laga lawan Fiorentina



Berikut susunan pemain untuk kedua tim:
LASK: Tobias Lawal, Philip Ziereis, Andres Andrade, Felix Luckeneder (Ebrima Darboe 80’), Florian Flecker (Sanoussy Ba 89’), Branko Jovicic, Sascha Horvath, Rene Renner (George Bello 89’), Marin Ljubicic (Moussa Kone 68’), Robert Zulj, Elias Havel (Ibrahim Mustapha 68’)
Pelatih: Thomas Sageder

Liverpool: Caoimhin Kelleher, Stefan Bajcetic (Joe Gomez 61’), Virgil van Dijk, Ibrahima Konate (Joel Matip 81’), Kostas Tsimikas, Harvey Elliot, Ryan Gravenberch (Mohamed Salah 74’), Wataru Endo (Alexis Mac Allister 61’), Ben Doak (Dominik Szoboszlai 61’), Darwin Nunez, Luis Diaz
Pelatih: Jurgen Klopp.