Nadalsyah hadiri Expose Akhir Smart City Barito Utara 2023

id smart city barito utara,dinas kominfosandi,barito utara,barut,kalteng,smart city barut

Nadalsyah hadiri Expose Akhir Smart City Barito Utara 2023

Bupati Nadalsyah bersama Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Sekda Muhlis, unsur FKPD dan kepala perangkat daerah serta undangan lainnya menghadiri Expose Akhir Smart City Barito Utara 2023 di Muara Teweh, Kamis (21/9/2023).ANTARA/Dokumen Pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian setempat melaksanakan Expose Akhir Smart City Barito Utara Tahun 2023, di Gedung Balai Antang, Muara Teweh, Kamis (21/9) malam.

Dalam Expose Akhir Smart City Barito Utara 2023 dengan tema Transformasi, Inovasi, Kolaborasi untuk Indonesia Cerdas. 

Smart City adalah inovasi yang diharapkan melahirkan solusi bagi tugas-tugas di Organisasi Perangkat Daerah masing-masing serta berjalannya pelayanan di tengah-tengah masyarakat.

Expose Akhir Smart City Barito Utara dihadiri Bupati Barito Utara Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Sekda Muhlis, unsur FKPD, staf ahli bupati, asisten sekda, kepala perangkat daerah dan undangan lainnya.

Bupati Barito Utara Nadalsyah mengatakan tujuan dimulainya smart city ini adalah sebagai wujud perhatian dan inovasi Pemkab Barito Utara dalam menjawab kompleksnya tantangan serta tuntutan perkembangan kemajuan teknologi dalam kehidupan sehari-hari yang mewajibkan pemerintah sudah harus melaksanakan transformasi digital 4.0. 

“Hal ini semata-mata dilaksanakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Kabupaten Barito Utara,” kata Bupati Nadalsyah.

Nadalsyah juga mengharapkan nantinya smart city ini juga mampu membentuk kerja sama kolektif dari segala sektor pemerintah maupun swasta sehingga pelayanan publik dan birokrasi sudah menggunakan sarana digital.

“Harapan pertama dari pogram smart city ini adalah untuk memperkecil sekat birokrasi serta bagaimana kita menjadi adaptif dan solutif atas segala persoalan dalam pelayanan publik sehingga pelayanan publik kepada masyarakat dapat berjalan efektif dan efisien serta serta tidak menggunakan biaya yang tinggi," katanya.

Kepala Dinas Kominfosandi Barito Utara, Mochamad Ikhsan menyampaikan dasar pelaksanaan Ekspose Akhir Penyusunan Dokumen Smart City Kabupaten Barito Utara Tahun 2023 ini salah satunya adalah, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

"Kami laporkan juga bahwa saat ini kami dari Dinas Kominfosandi akan meluncurkan Program LINDA BATARA atau Layanan Internet Desa di Kabupaten Barito Utara,” kata Kadis Kominfosandi.

Dirinya juga mengharapkan agar ke depan program LINDA BATARA ini dapat memberikan manfaat dalam menunjang pelayanan publik di desa-desa yang berada di wilayah Kabupaten Barito Utara.