Pemkab Gumas kaji banding akreditasi puskesmas ke Kotim

id Pemkab Gumas kaji banding akreditasi puskesmas ke Kotim, kalteng, Sampit, kotim, Kotawaringin Timur, gumas, Gunung Mas, irawati

Pemkab Gumas kaji banding akreditasi puskesmas ke Kotim

Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing memberikan kenang-kenangan kepada Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati saat kaji banding akreditasi puskesmas di Sampit, Selasa (26/9/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah mengadakan kaji banding akreditasi puskesmas ke Kabupaten Kotawaringin Timur karena di daerah ini sudah ada puskesmas yang meraih akreditasi Paripurna.

"Gunung Mas sebentar lagi akan mengikuti akreditasi, makanya kami melakukan kaji banding ke Kotawaringin Timur karena di sini ada Puskesmas Ketapang 1 dan Puskesmas Ujung Pandaran yang sudah meraih akreditasi Paripurna," kata Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia LP Umbing di Sampit, Selasa.

Rombongan kaji banding akreditasi puskesmas Pemerintah Kabupaten Gunung Mas diterima di aula rumah jabatan Bupati Kotawaringin Timur oleh Wakil Bupati Irawati didampingi Kepala Dinas Kesehatan Umar Kaderi. 

Mereka berdiskusi tentang banyak hal terkait akreditasi puskesmas. Selain itu rombongan juga langsung turun meninjau ke lapangan terkait kondisi pelayanan di Puskesmas Ketapang 1 dan Puskesmas Ujung Pandaran. 

Efrensia menjelaskan bahwa di Gunung Mas terdapat 17 puskesmas. Tahun ini ada 10 puskesmas yang akan menjalani penilaian reakreditasi. 

Dalam waktu dekat tim penilai akreditasi akan datang ke Gunung Mas untuk melakukan penilaian terhadap 10 puskesmas tersebut. Untuk itu pihaknya melakukan kaji banding ke Kotawaringin Timur dengan harapan dapat banyak masukan berharga yang bisa diterapkan dalam rangka persiapan penilaian akreditasi tersebut.

Dia menaruh harapan tinggi terhadap penilaian akreditasi kali ini. Pemerintah Kabupaten Gunung Mas berharap 10 puskesmas tersebut akan meraih penilaian akreditasi tertinggi yaitu akreditasi Paripurna. 

Baca juga: Pasar penyeimbang Dishanpang Kalteng di Sampit langsung diserbu pembeli

Selanjutnya, pengusulan akreditasi akan dilakukan terhadap tujuh puskesmas lainnya di tahun berikutnya. Tentunya akan diikuti dengan upaya-upaya dalam mempersiapkan dan meningkatkan pelayanan di tujuh puskesmas tersebut. 

Menurut Efrensia, beberapa hal yang sangat terlihat dan patut ditiru dari puskesmas yang ada di Kotawaringin Timur adalah semangat yang tinggi dan kekompakan yang kuat. Ini menjadi salah satu modal besar dalam peningkatan pelayanan di bidang kesehatan. 

Dia berharap hal-hal positif dari hasil kajian ini bisa diterapkan di 10 puskesmas di Gunung Mas yang akan menjalani penilaian akreditasi. Dia yakin persiapan yang optimal akan memberikan hasil yang lebih bagus. 

"Kita ingin dengan melalui akreditasi ini pelayanan kita menjadi semakin meningkat kepada masyarakat dan menjadi lebih baik, sesuai maksud dan tujuan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujar Efrensia. 

Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati menyambut baik kunjungan kaji banding tersebut. Dia berterima kasih karena Kotawaringin Timur dipilih menjadi tempat tujuan kaji banding oleh Pemerintah Kabupaten Gunung Mas.

"Kami tentu dengan senang hati menerima kunjungan keajaiban ini dan kami bersama seluruh puskesmas siap bertukar informasi dan saling mendukung dalam meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan, termasuk dalam hal pencapaian akreditasi puskesmas tersebut," demikian Irawati

Baca juga: Pemkab Kotim apresiasi Mentaya Bakul Festival bantu tingkatkan sektor UMKM

Baca juga: Bupati Kotim ajak masyarakat dukung hasil pilkades serentak

Baca juga: Beri semangat mahasiswa Umsa, Bupati Kotim kenang perjuangan merintis karier