Nama cawapres Ganjar sudah mengerucut dan tinggal diumumkan

id Hasto, cawapres Ganjar ,Kalteng,Rakernas IV PDI Perjuangan

Nama cawapres Ganjar sudah mengerucut dan tinggal diumumkan

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam sela-sela Rakernas IV PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 sudah mengerucut, tinggal menunggu waktu diumumkan.

"Ya, nama-nama 'kan sudah dikerucutkan karena pendalaman itu 'kan sudah berlangsung cukup lama," ujar Hasto di sela-sela Rakernas IV PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat.

Dijelaskan pula bahwa bakal cawapres sudah lama dipilah-pilah oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Hal ini juga sudah melalui diskusi dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Ganjar.

Baca juga: Hasto ciptakan pantun untuk Sandiaga Uno

"Tadi 'kan juga bisikan-bisikan, Pak Jokowi juga pembicaraan dengan Ibu Megawati Soekarnoputri, dalam perjalanan ke sini, kemudian dengan Pak Ganjar Pranowo itu 'kan menunjukkan adanya kesepahaman," tambahnya.

Megawati sudah mengantongi nama cawapres pendamping Ganjar pada Pilpres 2024. Meski demikian, dia tidak dapat memastikan berapa nama kandidat cawapres Ganjar yang disimpan Megawati.

Hasto hanya dapat memastikan bahwa Megawati itu tinggal mengumumkan nama cawapres Ganjar.

Baca juga: PDIP tanggapi nama Ridwan Kamil ditawari Megawati jadi bakal cawapres Ganjar

"Ya, nama sudah ada, ya, 'kan tunggu tanggal mainnya saja. Dari Ibu Megawati Soekarnoputri, masukan dari Presiden Jokowi, dari para ketum partai sudah disampaikan," jelas Hasto.

Pria asal Yogyakarta itu mengatakan bahwa partai berlambang banteng moncong putih itu tengah berfokus pada masalah politik yang bermanfaat untuk orang banyak, bukan sekadar sibuk membicarakan soal bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Untuk itu, PDI Perjuangan menggelar rakernas dengan tema Kedaulatan Pangan. Dalam Rakernas IV PDI Perjuangan ini, hadir dua menteri Kabinet Indonesia Maju yang juga kerap disebut sebagai kandidat cawapres Ganjar, yaitu Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan HAM Mahfud Md. dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Baca juga: Ridwan Kamil dampingi Ganjar masih sebatas bakal calon cawapres

Ia pun mengaku pernah berbicara dengan keduanya. Namun, perbincangan tersebut tidak membahas soal pencawapresan.

"Tadi saya bertanya kepada Pak Mahfud Md., saya juga bertanya kepada Pak Sandiaga Uno, bagaimana acaranya? Ya, mereka memberikan suatu apresiasi bahwa PDI Perjuangan membangun narasi tentang kepemimpinan, tentang keberpihakan kepada petani, buruh, dan nelayan. Jauh lebih penting dari pada sekadar dansa-dansa politik," pungkasnya.

Rakernas IV PDI Perjuangan dijadwalkan selama 3 hari, mulai 29 September hingga 1 Oktober 2023 di JiExpo Kemayoran, Jakarta.

Adapun tema Rakernas IV PDI Perjuangan adalah Kedaulatan Pangan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia dengan subtema Pangan sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia bagi Dunia.

Baca juga: Megawati sapa tiga ketum parpol pendukung Ganjar dengan sebutan 'sahabat'

Baca juga: Mobil Bioskop keliling PDIP mulai bergerak ke seluruh desa di Indonesia

Baca juga: Ganjar Pranowo dapat doa dari sejumlah pedagang Pasar Darmo Permai