Pemkab Gumas berupaya kembangkan SDM pelaku pariwisata

id Pemkab berupaya kembangkan SDM pelaku pariwisata di Gumas, kalteng, gumas, Gunung mas

Pemkab Gumas berupaya kembangkan SDM pelaku pariwisata

Asisten I Setda Gunung Mas Lurand, Kepala Disbudpar Hansli Gonak, para peserta pendidikan, pelatihan, serta bimbingan teknis, dan lainnya berfoto bersama usai pembukaan kegiatan di Kuala Kurun, Selasa (3/10/2023). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terus berupaya untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) pelaku pariwisata di daerah setempat.

Dengan SDM yang semakin berkembang diharap profesionalisme mereka juga semakin meningkat, ucap Bupati Jaya S Monong dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I Lurand, saat membuka pendidikan, pelatihan, serta bimbingan teknis di Kuala Kurun, Selasa.

“Pelaku pariwisata yang dimaksud di sini adalah pelaku seni tradisional, pemandu wisata, pengelola budaya atau juru pelihara situs-situs sejarah dan cagar budaya, serta pengelola destinasi wisata,” sambungnya.

Dia menyebut, pendidikan, pelatihan, serta bimbingan teknis yang ditujukan bagi pelaku pariwisata ini sekaligus merupakan implementasi dari peraturan daerah (perda) terkait kepariwisataan dan kearifan lokal.

Perda yang dimaksud yakni Perda Nomor 1 Tahun 2023 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Gunung Mas 2023-2037, serta Perda Nomor 6 Tahun 2022 tentang Kearifan Lokal dan Kebudayaan Daerah.

Baca juga: Pemkab Gumas gandeng BPJS Ketenagakerjaan lindungi ribuan pekerja rentan

Dia pun meminta kepada peserta agar mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh dari awal hingga selesainya nanti, supaya mereka dapat menjalankan tugas dengan profesional sebagai pelaku pariwisata di Gunung Mas.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunung Mas, Hansli Gonak menyampaikan kegiatan ini diikuti 120 orang peserta, yang terdiri dari kelompok sadar wisata dan desa wisata, juru pelihara, serta sanggar seni budaya.

Kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan SDM, sehingga mereka mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam pengembangan kepariwisataan dan pelestarian kebudayaan daerah.

“Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, yakni 3 dan 4 Oktober 2023, bertempat di Gedung Pertemuan Umum Damang Batu serta aula sanggar seni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunung Mas,” demikian Hansli Gonak.

Baca juga: Bupati Gumas minta BPD aktif dan berperan dalam pembangunan

Baca juga: PT SLK bantu perbaikan jalan di Tumbang Kajuei sejak 2018

Baca juga: PT SLK memprakarsai pemberdayaan puluhan kader posyandu, dukung penyiapan generasi sehat