Pj Bupati Kapuas terima penghargaan dari Pangdam XII/TPR

id Penjabat Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, Kapuas, hut tni, tni, kalteng

Pj Bupati Kapuas terima penghargaan dari Pangdam XII/TPR

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi menerima penghargaan dari Pangdam XII/TPR atas partisipasi terhadap Operasi Bakti TNI Tahun Anggaran 2023 diwilayah Korem 102/PJG/Kodam XII/TPR, Kamis (5/10/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi menerima Piagam Penghargaan dari Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan, karena turut berpartisipasi dan mendukung Operasi Bakti TNI Tahun Anggaran 2023 di wilayah Korem 102 Panju Panjung.

Penghargaan itu diterima Erlin Hadi pada saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI tahun 2023, yang berlangsung di Lapangan Makorem 102/Panju Panjung, Kota Palangka Raya.

"Pemerintah Kabupaten Kapuas akan selalu mendukung berbagai kegiatan TNI dalam menjaga NKRI dan ketentraman wilayah setempat," kata Erlin. 

Dia pun menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan sinergitas yang selalu terjalin oleh TNI dalam menjaga NKRI. Dan, berharap melalui momentum peringatan HUT ke-78 TNI ini, ia mengharapkan TNI dapat selalu berjaya dalam menjaga kesatuan dan persatuan wilayah NKRI, terlebih khusus diwilayah Kabupaten Kapuas.

"Hal inilah yang menandakan bahwa pemerintah daerah bersama TNI dan masyarakat dapat selalu bersinergi, yang mana harapannya wilayah Kabupaten Kapuas dapat selalu tentram dan aman," kata Erlin Hadi.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan, bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan. Dalam Peringatan HUT ke-78 TNI tersebut, Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Iwan Setiawan membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudho Margono.

Dalam amanatnya, disampaikan TNI telah hadir dan menjalankan amanat bagi garda terdepan sekaligus benteng terakhir NKRI selama 78 tahun. Selaras dengan tema HUT ke-78 TNI Tahun 2023, mengandung makna bahwa kekuatan sebagai komponen utama pertahanan daerah berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Baca juga: Pemkab Kapuas sediakan rumah oksigen untuk warga terpapar asap karhutla

Menjelang Pemilu serentak tahun 2024, dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota Legislatif serentak di 548 daerah yaitu 38 provinsi, 415 kabupaten dan 98 kota madya.

"Kelancaran dan kesuksesan pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk totalitas dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa," demikian Mayjen TNI Iwan Setiawan.

Baca juga: Pemkab Kapuas tingkatkan status penanganan karhutla menjadi tanggap darurat

Baca juga: Dukung pembagian gratis, Legislator Kapuas minta kesadaran masyarakat gunakan masker

Baca juga: Sekda Kapuas minta Kepala OPD dan Camat bekerja keras tingkatkan PAD