Kafilah Kapuas diharapkan dapat harumkan nama daerah di MTQ Kopri Kalteng

id Penjabat Bupati Kapuas, Pj Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi, Kapuas, kalteng, mtq korpri, mtq korpri kalteng

Kafilah Kapuas diharapkan dapat harumkan nama daerah di MTQ Kopri Kalteng

Penjabatan Bupati Kapuas, Erlin Hardi, menyerahkan bendera kontingen kafila MTQ Kopri Kabupaten Kapuas, kepada Ketua Kontingen Kapuas, Ahmad M. Saribi, dalam pelepasan peserta kafila di Aula Kantor Kemenag Kapuas, Minggu (8/10/2023). ANTARA/ All Ikhwan.

Kuala Kapuas (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Erlin Hardi mengharapkan kafilah Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Kopri yang berasal dari Kabupaten setempat, dapat berjuang secara maksimal untuk bisa mengharumkan nama daerah di tingkat provinsi.

"Ada tujuh belas peserta dengan sembilan cabang yang diikuti. Kita harapkan ke sembilan cabang ini bisa maksimal berjuang," kata Erlin Hardi, di Kuala Kapuas, Minggu (8/10).

Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di Kabupaten Kapuas, usai melepas keberangkatan kafila MTQ Kopri Kabupaten Kapuas, di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat jalan Tambung Bungai Kuala Kapuas, yang akan berlaga MTQ Kopri VII tingkat Provinsi Kalteng, di Palangka Raya.

Erlin pun memastikan bahwa pemerintah kabupaten akan selalu mendukung setiap kegiatan keagamaan di daerah setempat, baik MTQ Kopri dan kegiatan agama lainya, terutama dalam pembinaan.

"Tidak hanya cuma kegiatan MTQ Kopri, namun juga kegiatan-kegiatan agama lainnya menjadi perhatian kita dalam pembinaan," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Kontingen Kafilah MTQ Kopri Kabupaten Kapuas, Ahmad M Saribi dalam laporannya menyampaikan, bahwa lomba MTQ Kopri VII tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023 di laksanakan di Palangka Raya selama enam hari mulai 8 hingga 13 Oktober 2023.

"Jumlah peserta yang akan bertanding ada sebanyak tujuh belas orang peserta, dengan mengikuti sembilan cabang lomba," beber dia. 

Baca juga: Sekda Kapuas minta lakukan penguatan Posko Induk karhutla

Adapun jenis lomba yang akan diikuti peserta kafilah kabupaten setempat, diantaranya Tartil putra-putri, hifdza Al-Quran golongan juz 30 putra sebanyak 2 orang, hifdza Al-Quran golongan surah Al-Baqarah putra sebanyak 1 orang, hifdza Al-Quran golongan surah Ali’Imran putra sebanyak 1 orang, hifdza Al-Quran golongan surah An-Nisa putra 1 orang, dan hifdza Al-Quran golongan 7 surah pilihan putra 1 orang.

Kemudian, cabang dakwah Al-Quran putra-putri sebanyak 2 orang, cabang kaligrafi golongan dekorasi putra 1 orang, cabang kaligrafi golongan digital putra klasik 1 orang, cabang kaligrafi golongan digital puri 1 orang, cabang Azan 1 orang, cabang khutbah Jumat 1 orang, cabang doa putra 1 orang dan artikel Al-Quran putra-putri 2 orang.

"Untuk anggaran kegiatan pelaksanaan ini, dari DPA Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Kabupaten Kapuas," demikian Ahmad Saribi.

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas bersama masyarakat laksanakan shalat istisqa

Baca juga: Optimalkan pelayanan, RSUD Kapuas terapkan aplikasi SiLapis

Baca juga: Pj Bupati Kapuas terima penghargaan dari Pangdam XII/TPR