Kadinkes: Nakes penugasan khusus Kemenkes bantu pelayanan di tujuh kabupaten

id Pemprov kalteng, kalteng, tenaga kesehatan penugasan khusus, nakes, kemenkes, kementerian kesehatan, kalimantan tengah

Kadinkes: Nakes penugasan khusus Kemenkes bantu pelayanan di tujuh kabupaten

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menerima sebanyak 17 Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Berbasis Tim dan Individual Periode III Tahun 2023 dari Kementerian Kesehatan untuk membantu pelayanan di tujuh kabupaten.

"Program Penugasan Khusus oleh Kementerian Kesehatan merupakan salah satu upaya penguatan pelayanan kesehatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Tengah (Kalteng) Suyuti Syamsul di Palangka Raya, Senin.

Kalimantan Tengah pada periode ini menerima sebanyak 17 orang tenaga kesehatan (nakes), terdiri dari tenaga kesehatan lingkungan tujuh orang, dokter gigi satuorang, dokter umum satu orang, tenaga gizi satu orang, tenaga ahli teknologi laboratorium medik lima orang dan tenaga kesehatan masyarakat dua orang.

Para nakes penugasan khusus ini akan disebar ke tujuh kabupaten, meliputi Kotawaringin Timur, Seruyan, Kotawaringin Barat, Barito Selatan, Barito Utara, Kapuas, serta Katingan.

Lebih lanjut Suyuti memaparkan, kondisi wilayah Kalimantan Tengah belum semua dapat ditempuh melalui jalan darat dikarenakan letak geografisnya. Kondisi ini memiliki tantangan berbeda dengan daerah lainnya.

"Oleh karenanya kami berharap para tenaga kesehatan penugasan khusus ini siap dan memahami tupoksinya, sehingga dapat memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat di Kalimantan Tengah," jelasnya.

Baca juga: Gubernur kunjungi korban konflik Bangkal di RSUD Doris Sylvanus

Dia juga meminta kepada para tenaga kesehatan penugasan khusus berkomitmen bertugas di wilayah kerjanya dengan sepenuh hati, menjalankan tugas sesuai ketentuan, serta segera beradaptasi dengan budaya setempat.

"Memiliki komunikasi yang baik dengan pimpinan instansinya dan jajaran pemerintah daerah. Tak kalah penting adalah melaksanakan kegiatan maupun kewajiban lain yang ditetapkan Kementerian Kesehatan," katanya.

Hingga pada akhirnya melalui dukungan Tenaga Kesehatan Penugasan Khusus Berbasis Tim dan Individual Periode III Tahun 2023 ini dapat membantu semakin meratanya pelayanan kesehatan khususnya kepada masyarakat di Kalimantan Tengah.

Baca juga: Kalteng tetapkan tanggap darurat untuk optimalkan penanganan karhutla

Baca juga: Matra Kalteng bantu pelestarian adat dan budaya

Baca juga: Upayakan solusi terbaik, masyarakat diimbau jaga kondusivitas daerah