Bupati Kotim bawa bantuan untuk korban kebakaran di Basirih Hilir

id Bupati Kotim bawa bantuan untuk korban kebakaran di Basirih Hilir, kalteng, Sampit, kotim, kotawaringin Timur, bupati kotim, Halikinnor, samuda

Bupati Kotim bawa bantuan untuk korban kebakaran di Basirih Hilir

Bupati Halikinnor mengunjungi sekaligus menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran di Kelurahan Basirih Hilir Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Minggu (15/10/2023). ANTARA/HO-Pemkab Kotim

Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor menyambangi korban musibah kebakaran di Jalan Mujahidin Kelurahan Basirih Hilir Kecamatan Mentaya Hilir Selatan. 

"Saya atas nama pribadi dan pemerintah daerah sangat prihatin dan turut berduka atas musibah ini. Mudah-mudahan saudara-saudara kita ini diberi ketabahan dan rezekinya dilancarkan oleh Allah," kata Halikinnor saat di lokasi kebakaran, Minggu. 

Musibah kebakaran itu terjadi pada Sabtu (14/10) malam, diduga akibat hubungan pendek arus listrik. Sebanyak empat buah rumah terbakar dalam kejadian itu. 

Halikinnor langsung bertolak dari Sampit menuju Basirih Hilir untuk memberi semangat warga yang menjadi korban musibah kebakaran tersebut. Dia juga membawa bantuan perlengkapan sehari-hari serta bantuan lainnya untuk membantu meringankan beban warga. 

Menurutnya, musibah memang tidak bisa disangka-sangka. Meski begitu, dia mengajak masyarakat untuk meningkatkan upaya kewaspadaan dan pencegahan seperti memeriksa kembali keamanan instalasi listrik di rumah. 

Warga juga diminta memeriksa kembali kompor dan lampu, sebelum meninggalkan rumah. Hal itu untuk memastikan tidak ada hal-hal yang berisiko memicu kebakaran. 

Baca juga: Bupati Kotim bangga kemajuan RSUD Murjani Sampit

Masyarakat juga diminta berhati-hati karena saat ini kemarau masih terjadi. Kekeringan yang masih tinggi dinilai berisiko terjadinya kebakaran hutan, lahan dan permukiman. 

"Mudahan tidak ada lagi musibah kebakaran. Yang sering terjadi itu kebanyakan beban penggunaan peralatan listrik yang melebihi kemampuan jaringan sehingga cepat panas dan rawan memicu munculnya api. Kita jangan sampai lengah," demikian Halikinnor. 

Sementara itu, kedatangan Bupati Halikinnor didampingi Kepala Dinas Sosial Wiyono, Sekretaris BPBD Kotawaringin Timur Arief dan pejabat lainnya, disambut gembira warga setempat, khususnya para korban kebakaran. 

Kedatangan Halikinnor menunjukkan pemerintah daerah sangat peduli terhadap nasib warganya. Apalagi, mereka datang dengan membawa bantuan untuk korban kebakaran. 

"Tadi malam empat unit mobil pemadam kebakaran yang datang memadamkan kebakaran. Atas semua bantuan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, khususnya Pak Bupati yang telah tanggap membantu," demikian salah satu warga

Baca juga: Bupati Kotim apresiasi Disbudpar gencar promosikan Museum Kayu

Baca juga: Dialokasikan Rp46 miliar, Kotim dapat DBH sawit terbesar di Kalteng

Baca juga: Kotim masuk nominasi nasional PTSP berkinerja sangat baik