Pemkab Kapuas gelar Gerakan Pangan Murah jaga stabilitas harga

id pemkab kapuas, gerakan pangan murah kapuas, pj bupati kapuas, erlin hardi, kapuas, kuala kapuas, pangan, dinas ketahanan pangan kapuas

Pemkab Kapuas gelar Gerakan Pangan Murah jaga stabilitas harga

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi, memantau harga bahan pokok pada kegiatan gerakan pangan murah yang di adakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas, Jumat (20/10/2023). (ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) -
Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, menggelar Gerakan Pangan Murah dalam rangka menjaga stabilitas pasokan harga pangan dan memeriahkan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-43, Jumat (20/10).
 
“Kegiatan ini merupakan kolaborasi dan kerja sama dari berbagai pihak yang terkait yaitu Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas dan Bulog Cabang Kapuas,” kata Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Erlin Hardi di sela kegiatan Gerakan Pangan Murah.
 
Selain itu, lanjutnya, pelaksanaan Gerakan Pangan Murah di kabupaten setempat ini, merupakan suatu amanat dari Pemerintah Pusat untuk menjaga stabilitas harga pangan di tingkat konsumen, sehingga laju inflasi dapat terjaga dalam rangka memeriahkan peringatan HPS ke-43.
 
Melalui kegiatan ini juga, dia berharap agar seluruh lini dapat saling bekerja sama ikut ambil bagian, berkontribusi serta menjadikan kegiatan seperti ini rutin dilakukan setiap tahun.
 
“Saya mengajak kepada masyarakat agar dapat menggunakan kesempatan ini untuk membeli bahan pangan dengan harga murah atau terjangkau yang sesuai kebutuhan serta dilakukan secara tertib,” pintanya.

Baca juga: Kalteng gencarkan Gerakan Pangan Murah jaga stabilisasi harga beras
 
Orang nomor satu di Kabupaten Kapuas ini, juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada pemangku kepentingan terkait dan mengapresiasi kegiatan tersebut untuk mengatur kestabilitasi harga pangan dan menakan laju inflasi.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Kapuas Kusmiatie mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng dan juga dengan Bulog Cabang Kapuas.
 
Subsidi yang diberikan senilai kisaran 2 ribu sampai 10 ribu dengan bahan-bahan yang disediakan yaitu bahan pokok seperti beras, gula pasir, telor, ayam, bawang putih dan bawang merah, minyak goring serta cabe.
 
“Untuk kesediaan yang disiapkan di antaranya bawang merah dan bawang putih 80 kilo, kemudian untuk minyak goreng kisaran 200 liter dengan target sasaran untuk masyarakat Kabupaten Kapuas,” demikian Kusmiatie.
 
Turut hadir perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalteng, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas (Asisten II) Salman, sejumlah Kepala OPD lingkup Pemkab Kapuas, Camat dan Lurah serta masyarakat.

Baca juga: Pacu peningkatan PAD, DPRD Kapuas setujui raperda pajak dan retribusi daerah

Baca juga: Ratusan warga Kapuas antusias mengikuti tradisi Baayun

Baca juga: Rencana merevitalisasi jembatan Kayu Mandomai tidak ganggu APBD Kapuas