Brighton rebut kemenangan perdana seusai tekuk Ajax

id Brighton,kalahkan,ajax,liga europa,liga eropa

Brighton rebut kemenangan perdana seusai tekuk Ajax

Roberto De Zerbi dan Joel Veltman berbicara kepada media menjelang kunjungan Ajax pada hari Kamis (waktu setempat). (ANTARA/Brighton/Paul Hazlewood)

Jakarta (ANTARA) - Brighton mengamankan kemenangan perdana pada ajang Europa League Grup B seusai menekuk Ajax dengan skor 2-0 di Stadion Amex, Brighton, Jumat dini hari WIB.

 

Itu merupakan kemenangan perdana Brighton pada Liga Europa musim ini setelah pada dua laga sebelumnya takluk dari AEK Athens dan ditahan imbang Marseille, demikian catatan UEFA.
 
Hasil itu membuat Brighton naik ke peringkat ketiga klasemen sementara Liga Europa Grup B dengan torehan empat poin dari tiga pertandingan, sedangkan Ajax menempati posisi juru kunci dengan dua poin.
 
Pada pertandingan tersebut, gol-gol kemenangan The Seagulls atas Ajax lahir dari Joao Pedro dan Ansu Fati di masing-masing babak.
 
Secara statistik skuad asuhan Roberto De Zerbj mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 62 persen penguasaan bola serta melepaskan 12 tendangan yang tujuh di antaranya tepat sasaran.
 
Brighton langsung mengambil inisiatif menyerang dan dalam 15 menit pertama mereka sudah memiliki dua peluang, salah satunya melalui tendangan James Milner yang masih dapat diamankan kiper Ajax Diant Ramaj.
 
Brighton terus menggempur lini pertahanan Ajax dan kali ini giliran Joao Pedro yang memberikan ancaman, namun tendangannya masih dapat ditepis Ramaj.
 
Joao Pedro akhirnya sukses membawa Brighton unggul terlebih dahulu pada menit 42 setelah memanfaatkan bola rebound hasil tendangan Kaoru Mitoma sehingga skor berubah menjadi 1-0 dan bertahan hingga babak pertama usai.
 
Memasuki babak kedua Brighton tetap memperagakan permainan menyerang dan menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat gol yang dicetak oleh pemain pinjaman asal Barcelona Ansu Fati.
 
Berawal dari umpan yang dikirimkan Simon Adingra, Ansu Fati tidak kesulitan untuk menaklukkan Ramaj dan membobol gawang dari Ajax pada menit 53.
 
Ansu Fati kembali menebar ancaman untuk gawang Ajax, kali ini setelah menerima umpan dari Kaoru Mitoma, namun tendangannya masih menyamping dari gawang Ajax.
 
Ajax sempat memiliki peluang emas untuk menyamakan kedudukan, akan tetapi tendangan dari Steven Berghuis masih membentur tiang gawang Brighton.
 
Pada sisa waktu babak kedua, Brighton berhasil mempertahankan keunggulan 2-0 dan membuat mereka menorehkan kemenangan perdananya pada ajang Liga Europa.