Masyarakat Kapuas diajak prioritaskan produk lokal

id Masyarakat Kapuas diajak prioritaskan penggunaan produk lokal, kalteng, kapuas, Kuala kapuas

Masyarakat Kapuas diajak prioritaskan produk lokal

Sekretaris Daerah Kapuas Septedy didampingi istri menerima jajanan dari pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Ipemi Kabupaten Kapuas, Kamis (26/10/2023). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Septedy mendorong serta mengajak seluruh masyarakat untuk semakin menggalakkan kecintaan dalam memakai dan mengonsumsi produk Indonesia, terutama produk lokal setempat.

“Karena telah terbukti bahwa produk lokal kita mampu bersaing dengan produk luar. Jadi, sudah seharusnya produk-produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)  lokal bangkit, dan menjadi raja di rumah sendiri,” kata Septedy di Kuala Kapuas, Jumat.

Hal itu disampaikannya saat membacakan sambutan Penjabat Bupati  Kapuas Erlin Hardi, dalam pembukaan kegiatan Pasar UMKM yang dipusatkan di kawasan Stadion Panunjung Tarung Jalan Maluku Kuala Kapuas.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 95 dan Ikrar Bersama Anak Bangsa (IBAB) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2023.

Dikatakannya, kegiatan Pasar UMKM ini diselenggarakan bertujuan sebagai salah satu upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi COVID-19.

Baca juga: Legislator Kapuas prihatin kecelakaan di Jembatan Perintis

“Di mana dua tahun terakhir meluluhlantakkan perekonomian kita, terutama usaha kecil menengah. Maka dari itu, saya berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi pemacu bagi kebangkitan UMKM di Kabupaten Kapuas,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kapuas, Marlina, mengatakan UMKM yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 58 peserta. Mereka terdiri dari 50 dari masyarakat umum dan 8 UMKM dari organisasi kewanitaan.

“Kegiatan Pasar UMKM ini dilaksanakan dari tanggal 26 sampai 28 Oktober 2023. Jadi, dilaksanakan selama tiga hari dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 95 dan kegiatan Ikrar Bersama Anak Bangsa tingkat Provinsi Kalteng,” demikian Marlina.

Sementara dalam pembukaan kegiatan Pasar UMKM, turut hadir Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat, dan para pelaku usaha mikro kecil menengah daerah setempat.

Baca juga: Septedy ingin tingkatkan anggaran KONI Kapuas

Baca juga: Penjabat bupati menyapa calon jemaah haji Kapuas

Baca juga: Kejaksaan beri penyuluhan hukum kepada para pelajar di Kapuas