PLN jamin pasokan energi selama perhelatan Piala Dunia U-17

id pln,pasokan listrik ,piala dunia -17,indonesia

PLN jamin pasokan energi selama perhelatan Piala Dunia U-17

PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya meninjau pasokan listrik untuk memastikan pertandingan di Jakarta International Stadium (JIS), Tanjung Priok, Jakarta Utara berlangsung lancar, Senin (17/10/2023). (ANTARA/HO-PLN UID Jakarta Raya)

Jakarta (ANTARA) - PLN memastikan pasokan energi primer baik batubara, BBM dan gas untuk seluruh pembangkit sistem Jawa dan Bali dalam kondisi aman dalam rangka menyukseskan perhelatan FIFA World Cup U-17 yang digelar 10 November - 2 Desember 2023.


Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dalam keterangan di Jakarta, Selasa, mengatakan korporasinya siap mendukung hajatan akbar dunia di mana Indonesia sebagai tuan rumah.

“Menjadi tuan rumah piala dunia sepak bola U-17 ini adalah sebuah kebanggaan bagi bangsa kita. Untuk itu, kami dari PLN akan all out memastikan listrik untuk gelaran FIFA World Cup U-17 ini cukup dan andal, sehingga kebesaran nama Indonesia akan semakin dikenal dunia,” tutur Darmawan.

Direktur PLN Energi Primer Indonesia Iwan Agung Firstantara saat Apel Siaga Kelistrikan Piala Dunia U-17, Senin (6/11/2023) mengatakan bahwa pasokan energi primer baik batubara, gas, LNG dan BBM untuk pembangkit Jawa, Madura, Bali (Jamali) dalam kondisi yang sangat aman dan siap menyukseskan pelaksanaan Piala Dunia FIFA U-17.

Kondisi aman untuk pasokan energi primer ini akan menjamin pasokan listrik andal dan tanpa kedip untuk seluruh stadion gelaran Piala Dunia U-17 yakni Gelora Bung Tomo Surabaya, Stadion Manahan Solo, Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat Soreang Bandung.

“Stok rata-rata batu bara PLTU PLN di Jamali minimal 17 sampai dengan 26 Hari Operasi (HOP), yang berarti stok batu bara akan cukup untuk beroperasinya PLTU selama 17-26 hari, sementara pasokan gas dalam posisi yang aman untuk Jamali dan stok BBM di Jamali rata-rata di atas 9 HOP dan dalam kondisi aman," ujar Iwan Agung.

Iwan juga menyampaikan bahwa PLN EPI terus berkoordinasi dengan pembangkit milik PLN maupun IPP guna memastikan pasokan energi primer tanpa kendala selama perhelatan Piala Dunia U-17 berlangsung.

Selain itu, PLN EPI juga menyiapkan personel yang siaga untuk mendukung keandalan pasokan listrik.

“PLN EPI siap mendukung suksesnya gelaran FIFA World Cup 2023 U-17 yang akan berlangsung di 4 stadion nanti,” tutup Iwan Agung

PT PLN Energi Primer Indonesia merupakan Subholding PT PLN (Persero), yang didirikan untuk memastikan ketersediaan pasokan suplai energi primer bagi pembangkit PLN Grup.